Imunisasi Wajib
Ibu dan Anak

4 Imunisasi Wajib Untuk Bayi Baru Lahir

DOTLARE – Setiap bayi yang baru dilahirkan, sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa. Itu sebabnya imunisasi wajib diberikan sejak lahir.

Masing-masing imunisasi sudah memiliki jadwal dan waktu yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, Bunda jangan sampai lupa jadwal imunisasi, agar Si Kecil dapat membangun sistem kekebalan tubuhnya sampai dewasa.

1. Imunisasi Hepatitis B
Hepatitis B adalah virus yang menginfeksi hati dan menimbulkan penyakit seperti sirosis hati sampai kanker hati.  Imunisasi hepatitis B diberikan sebanyak 3 kali. Dosis pertama diberikan ketika bayi lahir, dosis kedua saat berusia 1-2 bulan, dan dosis ketiga saat menginjak usia 6-18 bulan.

2. Imunisasi Polio
Polio termasuk penyakit berbahaya dan menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan. Itu sebabnya, imunisasi polio wajib diberikan sejak anak dilahirkan. Pemberian imunisasi ini diberikan dalam lima tahapan.

Tahap pertama diberikan saat bayi lahir, tahap kedua saat usia 2 bulan, tahap ketiga berusia 4 bulan, tahap keempat diberikan mulai umur 6 bulan, dan tahap terakhir saat berusia 18-24 bulan. Imunisasi polio pun dapat diulang saat anak sudah berumur 5-6 tahun.

3. Imunisasi BCG
Imunisasi BCG bermanfaat untuk mencegah penyakit TBC yang mudah menular. Pemberian imunisasi BCG hanya satu kali seumur hidup dan harus diberikan sebelum bayi berusia 3 bulan. Sama seperti efek imunisasi pada umumnya, imunisasi BCG juga dapat menimbulkan demam ringan dan bengkak di bekas suntikan.

4. Imunisasi DPT
Imunisasi DPT ini juga penting diperoleh. Menurut CDC, imunisasi DPT mampu mencegah tiga penyakit sekaligus, yaitu difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT diberikan sebanyak empat kali, yakni saat bayi berusia 2, 4, 6, dan 18 bulan. Imunisasi ini pun dapat diulang saat anak berusia 5-12 tahun.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *