Kepiting (freepik)
Kesehatan Resep

4 Makanan Laut untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

DOTLARE — Makanan laut atau seafood ternyata tak hanya lezat dimakan, tapi juga membantu menjaga tumbuh kembang anak. Sumber makanan yang berasal dari laut ini adalah salah satu sumber makanan hewani yang memiliki kandungan protein tinggi.

Protein membantu membuat si kecil jadi sehat, kuat, dan pintar. Protein juga merupakan elemen penyumbang untuk 9 asam amino esensial atau yang lebih dikenal dengan istilah 9AAE. Berikut ini 4 jenis seafood yang baik untuk dikonsumsi si kecil guna mendukung tumbuh kembangnya.

1. Kepiting
Kepiting merupakan salah satu bahan makanan seafood yang memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi 9 asam amino esensial atau 9AAE. Kepiting juga punya kandungan vitamin B12 dan zinc untuk mempercepat proses penyembuhan luka anak.

Hewan bercangkang ini juga berguna dalam menjaga anak mendapatkan masa tumbuh kembang yang optimal. Kepiting ternyata juga bisa berperan menjaga berat badan anak dengan ideal.

2. Ikan tuna
Vitamin B yang terkandung dalam ikan tuna membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik membuat penyaluran energi dan penyerapan nutrisi anak akan lebih baik. Manfaatnya, membantu anak menjalani aktivitas, belajar, dan bermain dengan nyaman.

Selain itu, ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin D dan kalsium. Kandungan vitamin D dan kalsium yang terdapat pada makanan seafood satu ini berguna dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi anak, agar anak tumbuh jadi anak yang kuat. Di luar itu, ikan tuna juga merupakan salah satu makanan seafood dengan protein yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu tubuh dalam mengolah 9 asam amino esensial atau 9AAE.

3. Udang
Udang membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kandungan protein pada udang juga dapat membentuk zat peptida di dalam tubuh. Zat peptida ini merangsang hormon cholecystokinin (CCK) yang bekerja bersama sistem saraf dan perut sehingga nafsu makan meningkat. Udang juga bermanfaat mencegah risiko anemia. Vitamin B12 dalam udang berperan memproduksi sel darah merah untuk memastikan si kecil terhindar dari anemia.

4. Cumi-cumi
Cumi-cumi juga mengandung protein tinggi. Cumi-cumi bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung anak karena mengandung vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 dan B12 ini juga bermanfaat untuk kesehatan saraf anak. Tak hanya protein dan vitamin, cumi-cumi juga mengandung EPA dan DHA. Kandungan ini merupakan asam lemak tidak jenuh. EPA dan DHA ini dipercaya dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, memperbaiki sel-sel yang rusak dan melindungi jantung anak sebagai antioksidan.

Meskipun seafood memiliki banyak manfaat tapi Bunda tetap harus hati-hati dalam memberikan si kecil makanan. Karena tubuh si kecil masih menyesuaikan diri. Bunda juga harus memperhatikan apakah si kecil alergi atau tidak.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *