Eksplorasi dunia anak (freepik)
Ibu dan Anak

5 Tips Aktivitas Ringan Untuk Eksplorasi Dunia Anak

DOTLARE — Bermain merupakan aktivitas yang paling menyenangkan bagi si kecil. Sembari bermain, si kecil juga bisa belajar mengeksplorasi dunianya.

Bisa jadi, kegiatan yang sering dilakukan si kecil semakin mengasah hobi, minat dan bakatnya. Orang tua tentu saja punya peran penting untuk mendampingi si kecil pada masa-masa eksplorasi ini.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil untuk mengeksplorasi dunianya:

Menggambar
Aktivitas ini bisa menjadi sumber kreativitas si kecil. Untuk tahap awal, Bunda bisa mendampingi si kecil untuk meniru gambar-gambar yang mudah atau membiarkannya bebas menggambar.

Cara ini sekaligus mengasah kreativitas dan imajinasinya. Manfaat lain dari kegiatan ini yaitu melatih motorik si kecil.

Menari
Kegiatan ini mendorong si kecil untuk aktif bergerak, sehingga bisa melatih kemampuan fisik atau motoriknya. Bunda bisa mengajak dan mendampinginya melakukan gerakan-gerakan yang mudah. Bisa juga menirukan gerakan-gerakan ringan disertai iringan musik atau lagu.

Menyanyi
Bagi anak-anak yang punya bakat menyanyi, kegiatan ini tentu akan sangat menyenangkan. Si kecil juga bisa sekaligus belajar melalui lagu-lagu yang dinyanyikan. Tentu saja Bunda harus memilihkan lagu yang sesuai dengan usia si kecil.

Pilih lagu-lagu yang mengandung unsur edukasi sehingga anak akan mendapatkan banyak manfaat. Banyak lagu anak-anak yang memuat pesan moral positif dan bernilai untuk pendidikan karakter.

Bercerita
Mengajak si kecil bercerita merupakan kegiatan positif. Aktivitas ini sekaligus melatih atau mengasah kemampuan komunikasi si kecil.

Bunda tidak usah bingung seandainya tidak punya bahan untuk bercerita. Bunda bisa mendapatkan inspirasi dengan membaca buku-buku. Tak hanya buku pengetahuan, Bunda juga bisa memanfaatkan buku-buku berisi legenda yang punya pesan moral positif.

Menirukan suara
Ajak si kecil menirukan suara atau bunyi hewan atau bunyi-bunyian lainnya. Seperti bunyi alat musik atau suara benda lainnya. Aktivitas ini membantu si kecil mengasah kemampuan bahasa dan berbicaranya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *