Ilustrasi biang keringat (freepik)
Ibu dan Anak

5 Tips Mengatasi Biang Keringat Si Kecil

DOTLARE — Keceriaan buah hati pasti membuat Bunda ikut senang dan bahagia. Namun terkadang ada hal-hal yang membuat dia menjadi tidak ceria.

Salah satunya karena biang keringat. Ya, biang keringat membuat si kecil menjadi tidak nyaman karena rasa gatal. Bunda bisa mencoba 5 tips ini untuk mengatasi biang keringat pada si kecil:

1. Menjaga kulit tetap kering
Hal ini perlu Bunda lakukan agar keringat tidak memperburuk area kulit yang sedang kena biang keringat. Bunda bisa menjaga kulit tetap kering dengan memakai handuk yang lembut.

Selain itu, agar si kecil tidak cepat berkeringat, pilih pakaian yang lebih longgar dan tipis atau adem. Karena bila si kecil terlalu banyak mengeluarkan keringat, biang keringat bisa bertambah atau menyebar.

2. Hindari sinar matahari
Terik sinar matahari bisa memperparah biang keringat. Hawa udara yang panas juga menyebabkan si kecil lebih cepat berkeringat. Bila berada di dalam ruangan, upayakan agar ruangan tetap sejuk dan teduh.

3. Pakai bedak bayi
Bedak bayi dipakai untuk meredakan dan menghindarkan penyebaran biang keringat. Bedak bayi membantu mengatasi kulit kemerahan maupun iritasi akibat biang keringat.

Namun perlu diperhatikan. Sebelum menggunakan bedak, pastikan dulu kulit si Kecil harus benar-benar kering. Karena bila basah atau berkeringat, malah akan memperparah biang keringatnya.

4. Tidak digendong
Untuk sementara Bunda jangan dulu menggendong si kecil. Kenapa? Karena si kecil akan lebih mudah atau cepat berkeringat. Saat digendong, tubuh si kecil terkena suhu panas dari Bunda sehingga justru berkeringat.

5. Jangan digaruk
Memang susah ya Bunda meminta si kecil untuk tidak menggaruk karena gatal. Tetapi Bunda harus cerdik membujuk si kecil agar tidak menggaruk biang keringat. Karena bila digaruk justru akan memperparah biang keringatnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *