Ilustrasi menu sarapan (freepik)
Ibu dan Anak

5 Tips Mengatasi Si Kecil yang Susah Makan

DOTLARE — Tiap anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Nutrisi yang baik didapatkan dari makanan yang sehat dan pola makan yang sehat pula.

Namun sayangnya, kadangkala si kecil sulit atau tidak mau makan. Tentu kondisi seperti ini membuat Bunda sedih ya. Bunda pasti khawatir si kecil akan sakit karena tidak makan, kekurangan nutrisi, kekurangan gizi dan lain sebagainya.

Bunda pasti selalu ingin si kecil doyan makan sehingga gizi dan nutrisinya tercukupi. Namun bagaimana bila ternyata si kecil justru bersikap sebaliknya, sulit atau tidak mau makan. Banyak Bunda yang mengalami hal seperti itu.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Bunda coba agar si kecil mau makan. Yuk simak tips-tipsnya:

1. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan
Bunda bisa mencoba menyajikan sayuran dengan tambahan saus kesukaan si kecil. Bisa juga dengan membuat potongan-potongan makanan dalam berbagai bentuk yang unik dan lucu. Selain itu, Bunda perlu mencoba menyajikan berbagai makanan dengan beragam warna yang cerah untuk menarik perhatian si kecil.

2. Berikan contoh yang baik
Anak-anak punya karakter untuk menirukan apa yang dilihatnya. Termasuk juga cara orang dewasa makan, dan apa yang dimakan. Nah, karena anak suka meniru, maka Bunda harus memberi contoh yang baik. Artinya, ketika berada di depan si kecil, berilah contoh yang akan dia tiru. Misalnya, saat Bunda makan, pilih makanan yang sehat. Hindari junk food atau makanan yang tidak sehat bagi si kecil. Jangan berikan contoh memilih-milih makanan yang suka atau tidak suka di depan si kecil, karena dia akan menirukannya.

3. Ada masanya si kecil kurang nafsu makan
Kondisi ini yang mungkin jarang disadari Bunda. Ada baiknya tidak memaksa si kecil untuk makan jika memang tidak lapar. Jangan menyuap atau memaksa si kecil makan makanan tertentu atau menghabiskan makanannya. Jika sering dipaksa justru akan membuat si kecil makin tidak nafsu makan. Jangan beri porsi berlebihan agar si kecil nyaman saat makan.

4. Buat jam makan ideal
Hal ini penting Bunda lakukan agar si kecil terlatih untuk makan dengan pola teratur. Hindari memberikan snack atau camilan di luar jam makan. Di sela-sela antara jam makan, hindari memberikan makanan apa pun kecuali air putih. Membiarkan si kecil kenyang dengan jus atau makanan ringan sepanjang hari justru dapat menurunkan nafsu makannya.

5. Mencoba makanan baru
Saat makan, jangan melulu bertanya soal enak atau tidaknya makanan yang sedang dimakan. Tapi, ajak si kecil berpendapat atau mengenal makanannya mulai dari warnanya, bentuknya, baunya dan hal lainnya terkait makanan yang sedang dimakannya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *