Menyusui bayi
Ibu dan Anak

Tips Menyusui 6 Minggu Pertama Kelahiran Bayi

DOTLARE — Menyusui bayi pada minggu-minggu pertama setelah kelahirannya butuh perhatian khusus. Bayi yang baru lahir membutuhkan adaptasi setelah 9 bulan berada dalam rahim Bunda.

Kebanyakan bayi baru lahir biasanya menyusu 8-12 kali dalam sehari. Tidak usah menunggu bayi menangis Bunda. Bangunkan bayi setiap 2 jam pada siang hari. Sedangkan untuk malamnya, bisa setiap 4 jam sekali.

Cara menyusui bayi baru lahir butuh penyesuaian hingga 6 minggu pertama. Lonjakan pertumbuhan bayi terjadi selama masa itu, yang kadang membuat mereka jadi lebih rewel selama beberapa hari.

6 minggu pertama setelah bayi lahir, sangat penting untuk mencatat pertambahan berat badannya. Normalnya akan bertambah 6 ons setiap minggu. Mereka akan Buang Air Besar sebanyak 3-4 kali sehari. Namun setelah 4-6 minggu, BAB-nya akan berkurang.

Bayi baru lahir biasanya akan Buang Air Kecil 5-6 kali sehari. Namun akan berkurang menjadi 4 kali sehari setelah enam minggu kelahirannya.

Karena hanya ASI sebagai satu-satunya sumber nutrisi untuk si bayi, maka Bunda harus menjaga pasokannya ya. Serta memastikan agar si kecil bisa mengisap puting payudara Bunda dengan benar.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Bunda lakukan saat menyusui bayi di beberapa minggu pertama :

1. Jangan melepas terlalu cepat
Bunda bisa menyusui bayi di salah satu payudara sampai ia lepas sendiri, baru kemudian tawarkan payudara selanjutnya.

2. Hindari memberikan dot
Tunda penggunaan dot pada bulan pertama, karena dapat menekan isyarat lapar dan mencuri waktu mereka untuk menyusu di payudara. Ini juga untuk menghindari si kecil dari bingung puting.

3. Kurangi tidurnya
Bayi yang baru lahir biasanya lebih banyak tidur. Itu sebabnya sebaiknya saat ia menyusu kurangi tidurnya. Cobalah menggelitik telapak kakinya, membelai di bawah dagunya, atau menyentuhnya dengan sesuatu yang basah.

4. Menyusui dengan posisi berbaring
Menyusui dengan posisi berbaring dapat menghindarkan bahu dan punggung bawah Bunda dari posisi membungkuk. Dan itu baik untuk Bunda yang pernah mengalami operasi caesar. Agar lebih nyaman, letakkan bantal di antara lutut dan lengan Bunda. Untuk tahap awal, mintalah bantuan suami.

5. Perhatikan asupan nutrisi Bunda
Bunda membutuhkan lebih banyak kalori saat menyusui. Bahkan bisa lebih banyak jika Bunda memiliki banyak aktivitas lainnya. Cukup tiga kali makan berat dengan menu seimbang setiap harinya, ditambah cemilan sehat sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *