Ibu dan Anak

6 Tips Memilih Sekolah PAUD

DOTLARE Pendidikan adalah investasi masa depan. Setiap orang tua pasti mempunyai impian buah hati mereka bisa mendapat pendidikan setinggi-tingginya.

Masa pendidikan formal dimulai dari pendidikan anak usia dini atau PAUD. Pada tahapan ini orang tua mulai bingung mencari penyelenggara PAUD yang tepat untuk buah hati.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu orang tua perhatikan sebelum menentukan sekolah PAUD untuk buah hati tercinta:

1. Kesiapan anak
Sebelum memutuskan untuk memasukkan buah hati ke sekolah PAUD, orang tua harus paham betul kesiapan si buah hati itu sendiri. Apakah ananda benar-benar sudah siap untuk sekolah?

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan dasar untuk menyekolahkan buah hati di sekolah PAUD. Misalnya, bisa berkomunikasi dengan orang lain, sudah bisa makan dan minum sendiri, tidak lagi memakai pampers.

Pendidikan anak usia dini dalam bentuk kelompok bermain (KB) memang diperlukan bagi anak sebagai landasan atau fase mempersiapkan diri. Di tahapan ini, anak akan terasah mental dan kognitifnya sehingga bisa mengikuti dengan baik kegiatan belajar di tingkat berikutnya.

2. Fasilitas
Jika buah hati dirasa sudah siap bersekolah, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah fasilitas yang disediakan di sekolah PAUD. Kenapa? Karena sekolah akan menjadi rumah kedua bagi anak. Selama beberapa lama setiap hari, anak menghabiskan waktunya di sekolah.

Tentu saja, orang tua akan memilih sekolah yang menyediakan fasilitas terbaik untuk buah hati. Misalnya, kamar mandi yang bersih, ketersediaan tempat dan alat bermain, tempat belajar yang aman, bersih dan nyaman hingga keamanan si anak dari orang-orang yang tak dikenal.

3. Tenaga pendidik
Ketika di rumah, orang tua atau anggota keluarga lainnya menjadi “guru” bagi buah hati. Nah, saat anak bersekolah, maka tenaga pendidik di sekolah itu yang menjadi gurunya. Di sekolah, tenaga pendidik menjadi sumber utama ilmu pengetahuan, bahkan menjadi panutan. Oleh karena itu, orang tua juga wajib memastikan sekolah yang akan dipilih memiliki tenaga pendidik berkualitas dan kualifikasi sebagai pengajar.

Tenaga pendidik PAUD harus benar-benar memiliki keahlian dalam bidangnya. Mereka harus mempunyai kemampuan memahami karakter tiap anak yang berbeda-beda. Orang tua bisa mencari tahu informasi itu dengan mengecek langsung ke sekolah. Lihat secara langsung cara tenaga pendidik menangani anak dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk bertanya tentang latar belakang pendidikan para tenaga pendidiknya.

4. Kurikulum
Selain tenaga pendidik, orang tua juga harus tahu kurikulum yang digunakan sekolah. Karena di tempat inilah, anak mendapatkan pendidikan formal pertamanya.

Hal ini penting karena menjadi fondasi dalam pembentukan karakter anak. Masing-masing sekolah tentu saja mempunyai penjabaran kurikulum yang berbeda-beda. Dan biasanya, masing-masing mempunyai program-program unggulan.

5. Akses
Hal yang tidak kalah penting dalam memilih sekolah PAUD untuk anak adalah akses. Usahakan tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah. Ini bertujuan agar buah hati tidak terlalu lama di perjalanan menuju sekolah maupun sebaliknya saat akan menuju rumah.

6. Biaya
Terakhir, pastikan biaya sekolahnya terjangkau dan sesuai dengan kurikulum atau program yang dimiliki untuk belajar anak. Tanyakan dan pastikan berapa biaya yang harus dibayarkan. Sesuaikan dengan kurikulum atau bentuk pendidikan yang akan didapatkan si buah hati.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *