Ibu Hamil Ngidam
Kesehatan

6 Zat Makanan Penting bagi Bunda yang Memberikan ASI

DOTLARE — Para Bunda yang baru dikaruniai buah hati pasti merasa sangat senang bila bisa memberikan air susu ibu atau ASI.

Memang, kebutuhan nutrisi bayi tidak hanya dimulai saat sedang hamil. Bahkan setelah melahirkan dan saat menyusui, Bunda tetap harus memberikan nutrisi terbaik agar dapat tumbuh cerdas dan sehat.

Merujuk hasil penelitian, ASI ternyata mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan dan tumbuh kembang bayi.

Anak-anak yang mendapat ASI lebih dari satu tahun, akan memperoleh nilai bahasa pada usia 3 tahun dan tes IQ pada usia tujuh tahun yang lebih tinggi dibanding yang diberi ASI lebih sebentar.

Bunda yang menyusui ASI dianjurkan mengonsumsi makanan dengan beragam kandungan gizi seimbang.

Nah berikut ini ada 6 jenis makanan untuk Bunda yang menyusui agar buah hatinya cerdas dan sehat.

1. Vitamin
Sayuran berdaun hijau punya begitu banyak nutrisi serta rendah kalori. Sayuran daun hijau ini kaya vitamin A, C, E, dan K. Sayuran hijau juga menyimpan banyak mineral termasuk kalsium serta serat dan antioksidan.
Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, pastikan Bunda mengonsumsi sayur setiap hari. Bunda bisa memilih jenis sayuran yang Bunda sukai. Variasikan menunya setiap hari agar tidak merasa bosan.

2. Protein
Untuk menambah protein, Bunda bisa mengonsumsi beberapa bahan makanan, yaitu telur, kacang-kacangan, produk olahan susu, biji-bijian atau gandum utuh.

Perkembangan Mata

Ikan juga banyak disarankan untuk dikonsumsi Bunda yang menyusui karena mengandung protein tinggi dan jenis lemak DHA, EPA dan omega 3 yang penting untuk perkembangan mata dan otak bayi.
Beberapa jenis ikan yang disarankan antara lain: Salmon, tuna, uang, kerang.

3. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks ada dalam makanan gandum utuh, beras merah. Energi yang dihasilkan dari makanan ini akan bertahan lebih lama dibandingkan karbohidrat lain.

4. Lemak sehat
Saat Bunda menyusui, dianjurkan untuk menghindari makanan mengandung lemak tidak sehat seperti lemak jenuh atau lemak trans yang terdapat pada sebagian besar mentega, minyak kelapa sawit, krim, daging mengandung lemak, dan susu berlemak (whole milk).
Sebaliknya, Bunda dianjurkan untuk memilih makanan dengan lemak sehat seperti alpukat, zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak kanola atau minyak zaitun.

5. Zat besi
Untuk mendukung perkembangan otak bayi, Bunda harus mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi. Contohnya kacang-kacangan, sayuran hijau, dan hati ayam. Untuk membantu penyerapannya, lengkapi dengan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan tomat.

6. Kalsium
Dari mana sumber kalsium terbaik? kalsium terbaik bisa didapatkan dari produk olahan susu dan sayuran berwarna hijau.
Ada pula bentuk lain yang dapat dikonsumsi sebagai sumber kalsium lain, di antaranya adalah tahu, susu kedelai, jus, sereal yang sudah diberikan tambahan kalsium.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *