Ubi ungu (freepik)
Kesehatan

5 Manfaat Makan Ubi Ungu Bagi Anak

DOTLARE — Bunda bingung mencari bahan untuk bikin camilan bergizi? Nggak usah bingung. Bunda bisa mencoba ubi ungu untuk dikonsumsi anggota keluarga.

Kenapa ubi ungu? Ya, karena salah satu jenis ubi ini mempunyai segudang manfaat bagi tubuh kita. Bagi anak-anak, ubi ungu sangat bermanfaat.

Ubi mengandung banyak nutrisi seperti kalori, protein, karbohidrat, serat, lemak, dan gula. Nutrisi ini bisa menjadi sumber energi si kecil dalam beraktivitas. Bahkan, ubi juga mengandung vitamin, yaitu vitamin A, C, B6, B5 dan E.

Penasaran apa saja sih manfaat ubi ungu untuk anak-anak? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Memperkuat imunitas
Menjaga imunitas anak merupakan hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Ubi ungu mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk memperkuat sistem imun.

Vitamin-vitamin ini akan membantu anak terhindar dari infeksi flu biasa dan infeksi lainnya yang cenderung diderita anak-anak. Tak hanya itu, ubi ungu juga merupakan makanan yang bagus untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

2. Mencegah sembelit
Ubi merupakan sumber serat yang baik bagi pencernaan. Tak hanya baik untuk orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Dalam 100 gram ubi setidaknya terdapat sekitar 3 gram serat. Selain bikin kenyang, serat dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Membantu kesehatan mata
Ubi mengandung beta-karoten yang cukup tinggi. Di dalam sistem tubuh anak, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A, yang dapat meningkatkan penglihatannya. Nah, mulai sekarang Bunda bisa memasukkan ubi ungu ke makanan sehari-hari ya untuk menjaga kesehatan mata anak.

4. Sumber energi bergizi
Ubi ungu punya kandungan kalori baik yang cukup tinggi sebagai sumber energi. Setiap 100 gram ubi biasanya mengandung 86 kalori baik. Ubi ungu juga cocok bagi anak yang kekurangan berat badan. Kadar kalori tinggi dalam ubi bisa membantu penambahan berat badan dan perkembangan fisik pada anak-anak.

5. Mencegah anemia dan memperkuat tulang
Kandungan kalsium dan zat besi dalam ubi ungu sangat baik untuk pertumbuhan. Zat besi dapat membantu mencegah anemia, sedangkan kalsium memperkuat tulangnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *