Rambut Bayi
Kesehatan

Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

DOTLARE — Hampir semua orang tua pernah membandingkan secara fisik buah hatinya dengan anak lain. Mulai dari warna kulit, tinggi rendah badan, hingga soal rambut bayi.

Pertumbuhan rambut setiap bayi berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Ada yang tumbuh lebat, ada juga yang tipis, Nah bicara tentang rambut, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba di rumah sendiri:

1. Manfaatkan lidah buaya
Tanaman lidah buaya bisa menjaga keseimbangan pH kulit kepala bayi dan berfungsi sebagai kondisioner alami. Meskipun lidah buaya merupakan bahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit bayi, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengingat kulit bayi masih sangat sensitif.

2. Pijat kepala dengan minyak kemiri
Kenapa kemiri? Karena kemiri mengandung saponin, flavonoid, polifenol, serta mineral seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium. Bijih kemiri juga terkandung 52-60% minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh. Cairan itu bermanfaat bagi nutrisi pertumbuhan rambut.  Vitamin B1, B2, dan B3 yang terkandung dalam kemiri juga mampu memperkuat akar rambut dan menyehatkan saraf di sekitarnya.

3. Menyisir dengan lembut
Salah satu cara menumbuhkan rambut bayi adalah dengan menyisir rambutnya. Ternyata menyisir rambut bayi dengan lembut bisa merangsang sistem saraf di kepala. Manfaat lain menyisir rambut bayi dengan lembut adalah sebagai terapeutik. Hal ini akan membuat bayi lebih tenang dan mudah tidur.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa dan minyak kelapa murnis ternyata mempunyai fungsi luar biasa bagi kesehatan. Baik dikonsumsi maupun untuk perawatan tubuh, termasuk merawat rambut bayi, karena minyak kelapa mengadung asam lemak esensial dan protein.

Minyak kelapa juga berkhasiat untuk perawatan kulit kepala bayi saat mengalami cradle cap, yaitu pengelupasan kulit atau munculnya sisik pada kulit kepala. Bunda bisa oleskan minyak kelapa di kulit kepala bayi, biarkan selama 20 menit lalu bilas. Setelah itu gunakan sisir lembut untuk menghilangkan kulit yang mengelupas.

5. Tengkurap di atas perut
Tengkurap di atas perut juga dapat menghindarkan bayi dari kebotakan di bagian kepala belakang bayi lantaran posisi tidur.

6. Keramas dengan shampo bayi
Bersihkan kepala atau rambut bayi menggunakan shampo bayi. Tidak perlu banyak-banyak. Cukup satu tetes sudah cukup. Gosokkan dengan lembut di kulit kepala bayi dengan arah memutar. Gerakan ini tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala tapi juga merangsang kinerja folikel rambut. Setelah dibilas air bersih, keringkan dengan handuk lembut secara perlahan.

7. Minyak almond
Minyak almond biasanya dipakai untuk perawatan kecantikan. Namun, minyak almond juga bisa dimanfaatkan dalam perawatan menumbuhkan rambut bayi. Minyak almond mengandung sejumlah nutrisi antara lain protein, minera, vitamin dan zinc.

Selain itu, minyak almond juga dipercaya efektif untuk menghilangkan cradle crap. Cradle crap susah mengelupas. Kalau Bunda memaksa menggosok, kulit kepala bayi malah akan menjadi merah dan bahkan meradang. Dengan minyak almond, bagian kepala yang terdapat cradle crap bisa diatasi perlahan-lahan. Kulit kepala bayi akan kembali sehat.

8. Nutrisi
Bunda jangan lupakan nutrisi untuk rambut bayi. Konsumsi makanan pendamping ASI yang bernutrisi bisa membantu untuk pertumbuhan rambut bayi, diantaranya  vitamin B7, protein dan vitamin A.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *