anak rewel
Ibu dan Anak

Anak Rewel, Coba Atasi dengan Cara Ini

DOTLARE— Sering kali orang tua kewalahan saat anak rewel atau menangis terus menerus. Bisa jadi anak menangis atau rewel karena menginginkan sesuatu.

Dan bila keinginan itu dipenuhi, si anak langsung diam atau bahkan tertawa. Hampir semua orang tua selalu menuruti keinginannya dengan harapan agar si anak tak lagi menangis atau rewel. Bagi mereka, hal itu akan menjadi kebiasaan yang kurang baik.

Menangis akan menjadi “senjata” agar keinginannya terpenuhi. Hal seperti ini kurang bagus, karena justru membuat si anak menjadi manja. Dan mereka akan rewel setiap saat menginginkan sesuatu hingga terpenuhi.

Ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang terus menangis atau rewel:

a. Alihkan Perhatiannya
Coba alihkan perhatiannya yang sedang meminta sesuatu, ke hal lain yang ia sukai. Ketika sudah tenang, beri tahu atau beri pengertian kenapa permintaannya tidak dituruti. Sehingga tidak akan rewel lagi saat meminta sesuatu yang tidak bisa dipenuhi.

b. Mencari Tahu Keinginannya
Ada beberapa penyebab si kecil menangis terus menerus atau rewel. Bisa jadi karena lapar, haus, ingin buang air kecil atau besar atau sedang meminta sesuatu maupun sekadar mencari perhatian.

Orang tua sering kali stres karena tidak mengerti keinginan si anak yang membuatnya rewel atau terus menangis.

Dalam kondisi ini, seorang ibu harus lebih perhatian dan mendekati anak. Peluk anak agar dia lebih tenang. Bujuk agar tidak menangis dan tetap tenang.

c. Bersikap Sabar
Pada saat anak menangis dan rewel orang tua memang harus sabar. Hindari menggunakan kata “jangan”. Penggunaan kata “jangan” pada anak bisa membuat mental block.

Ketika mereka mulai rewel, bicaralah dengan cara yang lembut namun tegas. Jangan memarahi atau membentak, karena justru membuat mereka takut atau semakin marah sehingga menangis lebih kencang.

d. Beri Pelukan
Pada saat anak menangis dan rewel, coba ajak ke tempat yang lebih sepi dan beri pelukan. Hal paling penting dalam menghadapi si kecil yang rewel adalah dengan tidak memaksakan sesuatu padanya dan tidak bicara dengan nada keras.

Selain itu, selalu jaga kondisi kesehatan anak. Dan bila perlu mintalah saran dari dokter mengenai cara mendidik dan merawat anak dengan benar.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *