Listeria
Kesehatan

Apa Itu Listeria? Yang Katanya Disebabkan Jamur Enoki

DOTLARE — Jika seseorang memakanan makanan yang terkontaminasi L. monocytogenes, bisa menyebabkan penyakit yang disebut listeria¬†atau listeriosis. Ada berbagai gejala listeriosis yang muncul, tergantung pada keparahan penyakitnya.

Sebenarnya apa sih itu? Listeria adalah spesies bakteri patogen penyebab penyakit yang ditemukan di lingkungan lembab, seperti tanah, air, vegetasi yang membusuk, dan hewan. Bakteri ini bisa hidup di suhu dingin dan tindakan pengawetan makanan lainnya.

Gejala ringan yang biasa muncul adalah demam, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Gejala ini bisa berkembang, seperti sakit kepala, leher kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, dan kejang-kejang. Gejala-gejala itu bisa muncul dalam waktu hanya beberapa jam atau 2-3 hari setelah mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi.  Tak jarang penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada orang lanjut usia, dan orang dengan imunitas yang lemah.

Bagaimana cara mencegahnya?

Bisa dengan memperlambat pertumbuhan bakteri L. monocytogenes dengan mengatur temperatur kulkas hingga 4 derajat Celcius dan freezer hingga -18 derajat Celcius. Adapun langkah-langkah yang dianjurkan FDA untuk mengantisipasi adanya bakteri tersebut, yaitu:

  1. Bersihkan isi kulkas, talenan, dan peralatan yang bisa mengkontaminasi makanan. Bersihkan menggunakan air hangat yang diberi larutan kaporit. Setelah itu, keringkan dengan kain atau tisu.
  2. Bersihkan segala macam kotoran yang ada di dalam kulkas.
  3. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun minimal 20 detik.
  4. Pada ibu hamil, orang tua, dan orang dengan imunitas lemah harus menghindari makanan tertentu, seperti susu dan keju yang tidak dipasteurisasi, kecambah mentah, ikan mentah, dan makanan mentah lainnya yang berisiko terkontaminasi L. monocytogenes.
  5. Untuk mencegah penularan dari hewan ke manusia, jaga kebersihan alat-alat yang digunakan untuk memberi makan binatang peliharaan.

 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *