Ibu Hamil Ngidam
Kehamilan

Apa Sih Yang Menyebabkan Ibu Hamil Ngidam

DOTLARE — Ibu hamil ngidam kerap ingin makanan atau minuman tertentu hingga menggebu-gebu. Yang tiba-tiba ingin sesuatu di tengah malam atau siang hari. Namun setelah mendapatkan yang diinginkan, paling hanya dimakan atau diminum sedikit.

Apakah aman atau berbahaya jika ibu hamil ngidam selama kehamilan? Mengidam bisa diartikan sebagai keinginan mendadak, tak tertahankan, dan intens untuk makan atau minum sesuatu yang spesifik.

Bahkan ada mitos yang menyebutkan bahwa ibu hamil ngidam makanan tertentu karena jenis kelamin janin yang dikandungnya. Namun hal ini tidaklah benar.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa jika ngidamnya ibu hamil tidak dipenuhi, maka Si Kecil akan mengeluarkan air liur terus-menerus. Tapi, itu hanyalah mitos belaka. Anda wajib mengabaikan ngidam apabila yang diinginkan akan berdampak buruk bagi tubuh Anda dan janin.

Kondisi ini akan makin sering terjadi selama kehamilan. Ada ibu hamil yang sangat ingin makan makanan asam, manis atau pedas. Studi menyebutkan sekitar 84% ibu hamil di dunia mengalami ngidam makanan.

Ada 4 penyebab utama ngidam. Bisa jadi salah satunya yang mengakibatkan Bunda ngidam sehingga muncul hasrat menggebu ingin makan atau minum tertentu.

1. Kekurangan nutrisi
Umumnya, mengidam makanan merupakan simbol dari kekurangan makanan. Ini menandakan kalau tubuh kekurangan unsur gizi tertentu, maka akan bermanifestasi sebagai keinginan.

2. Perubahan hormon selama kehamilan
Para  ahli percaya bahwa mengidam saat hamil karena adanya perubahan hormon. Hormon, estrogen dan progesteron, bisa menjadi penyebab adanya keinginan yang tak tertahankan itu. Hormon-hormon ini yang menyebabkan perubahan pada reseptor lidah, mengembangkan keinginan dan mungkin malah membuat Bunda enggan untuk makanan. 

3. Indra penciuman & perasa lebih sensitif
Fluktuasi hormonal mempengaruhi indra penciuman dan perasa pada wanita hamil, sehingga menjadi faktor lain yang menyebabkan mengidam.

4. Faktor-faktor psikososial
Dalam beberapa kasus, wanita hamil mungkin juga mengidam kecanduan makanan tertentu karena beberapa faktor psikososial.

Apakah benar ngidam pada ibu hamil harus dipenuhi?

Selama hal yang diinginkan bumil yang ngidam merupakan makanan yang sehat, tidak ada salahnya kan jika dituruti. Namun jika yang diinginkan adalah makanan atau minuman yang tidak mengandung gizi yang cukup, sebaiknya Bunda cari alternatif makanan yang lain yang lebih menyehatkan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *