Ilustrasi tidur mangap (freepik)
Kesehatan

Efek Jika Sering Tidur Mangap

DOTLARE — Setiap orang membutuhkan istirahat yang cukup dalam sehari untuk memulihkan kembali kondisi tubuh.

Tidur nyenyak menjadi salah satu cara agar tubuh beristirahat dan recovery. Tak jarang sebagian orang sampai mendengkur saat tidur dan ada pula yang mangap (terbuka lebar mulutnya).

Bagi Bunda dan keluarga yang kedapatan sering mangap saat tidur, perlu diperhatikan ya. Karena ternyata tidur dengan kondisi mangap tidak baik bagi kesehatan.

Begini dampak bila sering tidur dengan kondisi mangap:

1. Memicu bau mulut
Dalam medis disebut sebagai halitosis. Yaitu hasil dari penurunan saliva di dalam mulut. Hal ini bisa terjadi karena bernapas dari mulut menurunkan kemampuan mulut untuk membersihkan dirinya sendiri.
Parahnya adalah bau mulut bisa sangat mengganggu. Biasanya membuat orang yang mengalami hal itu jadi merasa tidak nyaman. Termasuk rang-orang yang berada di sekitarnya.

2. Bakteri mulut cepat meningkat
Jumlah bakteri bisa meningkat karena aliran udara yang masuk melalui mulut juga menghilang saliva atau air ludah. Saat bernapas melalui mulut, akan menciptakan plak dalam mulut. yang pada akhirnya meningkatkan jumlah bakteri jahat dalam mulut.

3. Membuat aliran oksigen ke paru-paru terhambat
Bahaya lain dari tidur mangap adalah jika orang bernapas dengan mulut pada dasarnya membuat oksigen yang dipasok ke paru-paru menjadi lebih sedikit. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari karena tubuh kekurangan oksigen.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *