Bahaya Rokok
Kesehatan

Bahaya Rokok Terhadap Ibu Hamil dan Janin

DOTLARE — Bahaya Rokok sudah sering kita dengar. Apalagi jika Bunda saat sedang hamil usahakan untuk selalu menghindarkan diri Bunda dari asap rokok. Apalagi jika Bunda sebelumnya perokok, sebaiknya segera berhenti. Saat sedang tidak hamil saja, merokok sangat tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika Bunda dalam keadaan hamil.

Bahaya rokok terhadap ibu hamil bukan hanya terletak pada rokoknya saja, namun jika tidak sengaja menghirup asap rokoknya juga sangat berbahaya lho Bunda, apalagi untuk janinnya!

Berikut risiko atau bahaya rokok dan asap rokok terhadap ibu hamil:

1. Kandungan rokok yang disebut nikotin bisa membuat jantung bayi di dalam kandungan berdetak lebih cepat dibandingkan dengan bayi yang tidak terpapar asap rokok. Karena saat bayi di dalam rahim, ia berjuang untuk mendapatkan oksigen. Hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan janin.

2. Nikotin, Karbon monoksida, dan zat beracun lain yang masuk ke paru-paru wanita yang sedang mengandung dapat menuju pada aliran darah dan bisa menembus plasenta.

3. Risiko kematian pada janin mendadak lebih tinggi jika suami Bunda seorang yang gemar merokok. Segera minta Suami anda untuk berhenti merokok jika memang menyanyangi bunda dan calon anaknya.

4. Paparan dari tembakau yang ada di dalam rokok dapat membuat bayi lebih rentan terkena penyakit asma dan infeksi dada setelah dia lahir. Dan yang paling buruk bisa mengakibatkan bayi Anda masuk Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

5. Banyak penelitian telah membuktikan bahaya rokok terhadap ibu hamil dan janin terutama Ibu hamil yang seorang perokok pasif yang akan menerima dampak yang lebih buruk karena bisa merusak kesehatan calon bayi dalam kandungan dan meningkatkan risiko keguguran serta kelahiran prematur.

Dampak merokok di dekat ibu hamil dapat sangat membahayakan kesehatan bayi yang dikandungnya. Jadi, berhati-hatilah saat Anda merokok, bahkan sebaiknya hentikan kebiasaan buruk Anda mulai dari sekarang.

Jika belum bisa, merokoklah di luar rumah dan jauh dari istri anda atau wanita yang sedang hamil, lalu segera mandi serta berganti pakaian setelahnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *