ibu hamil kendarai motor
Kehamilan

Ibu Hamil Kendarai Motor Aman Kok

DOTLARE — Sepanjang kehamilan enggak bermasalah, ibu hamil kendarai motor aman dilakukan. Namun, jika sudah masuk usia kehamilan 9 bulan, keseimbangan bumil bisa agak sedikit terganggu.

Secara keseimbangan, yang lagi nggak hamil saja ketika bonceng motor hadap ke depan. Begitu juga saat hamil muda sebaiknya juga menghadap ke depan karena bisa berpijak lebih kuat dan berpelukan sama suami.

Tubuh ibu hamil di trimester tiga mengalami banyak perubahan. Termasuk memengaruhi pusat grativitasi dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengendarai motor.

Hal ini disebabkan oleh depresi yang meningkat pada bagian lumbar dan sakralis tulang belakang dan pembesaran perut secara bertahap.

Pada hamil tua, gerakan wanita juga menjadi lebih susah dan lebih sensitif untuk dibuat banyak gerakan. Mereka juga semakin tidak bisa mengangkat yang berat-berat. Sedangkan naik motor memberikan tekanan khusus pada tubuh

Saat mengendarai motor pada trimester awal, rahim wanita hamil akan terkena guncangan dan getaran yang dapat memengaruhi implantasi embrio. Selain itu sebaiknya jangan melakukan perjalanan yang terlalu jauh. Durasi perjalanan yang jauh bisa membuat tubuh lelah dan perut keram. Durasi yang tepat tidak akan mengganggu janin dan juga Bunda.

Jika Bunda merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk menepi dan berhenti di masjid atau pom bensin. Turun dari motor dan berjalan-jalanlah sebentar. Bisa juga duduk sambil meluruskan kaki sampai tubuh kembali rileks.

Bagaimana di trimester kedua dan ketiga?

Sedangkan di trimester kedua dan ketiga, dapat menyebabkan kerusakan ligamen yang menopang rahim atau jika terjadi kecelakaan akan menyebabkan kerusakan permanen pada janin.

Ibu hamil juga sangat mungkin mengalami peningkatan stres, konflik dengan pengguna jalan lain, dan juga cidera. Hal seperti itu bisa menyebabkan munculnya emosi negatif, stres, kegelisahan, dan kecemasan.

Hal tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi perkembangan otak calon bayi, melemahkan perkembangan kognitif anak, dan bisa mengalami gangguan konsentrasi pada usia satu tahun.

Jadi, di trimester terakhir ini, ibu hamil kendarai motor lebih berisiko ya, Bun, dibandingkan saat usia kehamilan masih muda.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] saya tahu ternyata begini rasanya setelah operasi caesar. Kita sebaiknya menghindari aktivitas berat seperti angkat beban, aerobik, sit up, dan olahraga lainnya selama enam minggu, hingga mendapatkan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *