Ajak balita berkomunikasi agar cepat berbicara (freepik)
Ibu dan Anak

Balita Belum Bisa Berbicara, Coba 4 Tips Ini

DOTLARE –¬†Anak balita Bunda belum juga bisa berbicara? Jangan khawatir, yuk Bunda coba empat cara melatih dan menstimulasi si buah hati agar cepat berbicara, seperti berikut ini:

1. Rajin ajak berkomunikasi
Saat buah hati sedang memegang benda, coba Bunda ajak ia berbicara dengan memberi tahu benda itu. Ajak juga untuk mengetahui nama-nama benda di sekelilingnya, dengan cara menunjuk dan memberi tahu nama benda tersebut.

2. Latih dengan cara yang menyenangkan
Menghibur di sini bukan hanya sekadar mengajaknya bermain tetapi memberi pelajaran yang membuatnya si kecil nyaman dan lebih terhibur sehingga lebih cepat lagi merangsang kemampuan berbicara.

3. Ajak dia bermain
Bermain merupakan alat bantu paling mudah saat mengajak si kecil berinteraksi. Dengan bermain ini merangsang otak anak menjadi lebih aktif lagi. Mengajak bermain dengan gambar-gambar pada flash card misalnya, benda-benda yang ada gambarnya, ini dapat menambah kosa kata pengucapannya.

Jadikan kegiatan membaca gambar pada flash card kegiatan sehari-hari dan terstruktur. Minta si kecil menirukan ucapan ibu saat menunjukkan gambar. Lalu bila dia sudah bisa menyebutkan nama-nama benda pada gambar, mintalah dia sendiri yang mengucapkan.

4. Respon ocehannya dan perbaiki
Ibu bisa berpura-pura menanyakan maksud ocehannya sambil tertawa atau tersenyum. Perlihatkan wajah bahagia Ibu, kemudian lihat reaksinya.

Apa yang ibu katakan, akan tersimpan dalam memorinya dan suatu saat si kecil akan meniru apa yang dia dengarkan, baik yang diajarkan orang tua maupun oleh orang-orang di sekitarnya. Satu hal yang paling penting adalah mengajarkan si kecil bicara dengan kata-kata yang positif, meskipun dia belum bisa bicara, karena ini akan mengasah rasa percaya diri mereka.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *