Ilustrasi kentang pengganti nasi (freepik)
Resep

Makanan Pengganti Jika Balita Emoh Makan Nasi

DOTLARE — Bunda pasti sedih dan galau kalau buah hati tidak mau makan nasi. Apalagi kalau si buah hati sampai tidak mau makan nasi sama sekali hingga berhari-hari.

Nasi merupakan makanan pokok dengan kandungan karbohidrat. Bila si buah hati tidak mau makan nasi, Bunda bisa menggantinya dengan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat. Berikut beberapa bahan makanan dengan kandungan karbohidrat yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan nasi:

Roti
Bahan baku roti mengandung karbohidrat yang bisa menjadi alternatif bila si buah hati tidak mau makan nasi. Untuk penyajiannya, Bunda bisa mengolesinya dengan selai atau meses. Atau bisa juga disajikan dalam menu roti sandwich agar si buah hati tertarik.

Ubi
Ubi juga bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat. Tentu saja Bunda bisa mengolahnya terlebih dulu menjadi makanan olahan yang lebih menarik.

Kentang
Meskipun kandungan variasi nutrisinya lebih kecil dibandingkan nasi, tapi kentang juga bisa menjadi andalan Bunda untuk sumber karbohidrat. Kentang hanya mengandung 70 kkal dan 15,9 karbohidrat dalam tiap 100 gr kentang.

Talas
Sama seperti kentang dan ubi, sumber karhobidrat pengganti nasi ini bisa menjadi alternatif untuk dikonsumsi buah hati setelah diolah menjadi makanan olahan yang lebih menarik. Talas gampang dicerna dan kadar karbohidratnya mencapai hingga 77,9 %.

Jagung
Jagung tentu saja bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Sebagai informasi, tiap 100 gr jagung terkandung kalori 225 kkal, protein 9,2 gram, lemak 3,9 gram, dan kadar karbohidrat 73,7.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *