Ibu dan Anak

Banyak Manfaat Memeluk Anak Lho

DOTLARE – Saat anak minta dipeluk atau tiba-tiba lari langsung memeluk Bunda, jangan ragu-ragu untuk menyambutnya ya. Sebab memeluk anak banyak manfaatnya lho.

Sering sekali kita menganggap anak kita manja karena sebentar-sebentar minta dipeluk atau sedikit-sedikit memeluk kita. Itu enggak apa-apa. Hal yang wajar, dan justru bagus untuk anak. Bagi anak, tak ada tempat yang paling nyaman selain dalam pelukan ibunya.

Misalnya saat anak merasa takut, marah, atau sedih, pelukan Bunda bisa menghilangkan semua perasaan itu. Meski terdengar sepele, sering memeluk anak bermanfaat bagi kesehatan psikis dan fisik anak lho.

1. Meminimalkan produksi hormon stres
Saat stres dan merasa tertekan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol atau hormon stres. Tingginya jumlah hormon stres dalam tubuh bisa menyebabkan anak sulit tidur, susah konsentrasi, lesu. Cobalah peluk anak kita. Dengan sendirinya, anak akan merasa nyaman dan tidak lagi stres.

Saat berpelukan, tubuh juga melepaskan hormon oksitosin yang bisa membuat anak merasa tenang, bahagia, dan juga nyaman. Pelukan mampu memperbaiki moodnya serta mengurangi perasaan cemas dan stres pada anak.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pelukan juga dipercaya dapat meningkatkan daya tubuh anak. Dengan berpelukan, gejala pada penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, bisa lebih cepat membaik. Cobalah, Bunda.

3. Mengurangi rasa sakit
Pelukan juga bisa meredakan rasa sakit yang dialami anak. Enggak percaya? Cobalah saat anak kita merasa sakit. Hanya dengan pelukan dan usapan di kepala atau punggung, itu membuat anak nyaman. Pernapasannya lebih lancar, sirkulasi dan suplai oksigen ke berbagai jaringan tubuhnya juga baik. Rasa sakit yang sebelumnya dirasakan, hilang deh.

4. Menjalin ikatan antara ibu dan anak
Ini yang paling penting. Sering memeluk anak bisa mempererat ikatan emosional antara orang tua dengan anak. Melalui pelukan, anak bakal merasa lebih dicintai, dilindungi, didukung, dan diperhatikan. Jadi, jangan ragu lagi. Ayo peluk anak sesering mungkin karena banyak manfaatnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *