Operasi Caesar
Kehamilan Kesehatan

Begini Rasanya Setelah Operasi Caesar

DOTLARE — Ibu hamil yang memilih melahirkan secara normal, akan merasakan sakit pada saat proses persalinan saja. Namun rasanya akan berbeda jika kita memilih operasi caesar.

Nyaris tidak rasa sakit saat persalinan. Tapi setelah semua selesai, kita baru ngeh ternyata begini rasanya.

Yang melahirkan normal, setelah beberapa jam dari proses persalinan, dia sudah mampu berinteraksi dengan keluarga dan sudah bisa kembali beraktivitas seperti biasa beberapa hari kemudian.

Namun, hal itu tidak bisa dirasakan oleh mereka yang memilih operasi caesar. Rasa sakit itu akan dirasakan setelahnya. Mereka juga tidak bisa beraktivitas seperti biasa selama masa pemulihan, bisa sampai empat hingga enam minggu untuk sembuh total.

“Akhirnya saya tahu ternyata begini rasanya setelah operasi caesar. Kita sebaiknya menghindari aktivitas berat seperti angkat beban, aerobik, sit up, dan olahraga lainnya selama enam minggu, hingga mendapatkan persetujuan dari dokter,” kata Indah Kurniawati, warga Karanganyar, Jawa Tengah, saat membagikan pengalamannya.

Menurut Indah, biasanya akan merasakan sakit ketika berjalan. Meski begitu, usahakan untuk berjalan sedikit demi sedikit. Dengan berjalan, kita dapat melancarkan aliran darah dan membantu mencegah sembelit dan pembekuan darah.

Jangan Nekat Melakukan Ini

Jangan lupa untuk tidur yang cukup. Ketika tubuh sudah merasa lelah, jangan paksakan tubuh Bunda lalu beristirahatlah. Jangan nekat mengangkat barang-barang yang lebih berat dari bayi Anda sampai dokter mengizinkannya atau sudah tidak sakit lagi.

Setelah operasi caesar, Bunda biasanya juga akan mengalami pendarahan pada vagina. Sediakanlah pembalut, dan jangan gunakan tampon tanpa persetujuan dokter.

“Sssttt, jangan pula buru-buru untuk berhubungan seks dengan suami. Karena ya memang ternyata begini rasanya setelah operasi caesar. Belum boleh ini itu dulu,” pesan dia.

Buang air besar juga menjadi tidak teratur. Hindari mengedan ketika sembelit. Bahkan ketika batuk atau mengambil napas dalam-dalam, sebaiknya taruh bantal pada luka sayatan di perut. Hal itu bisa mengurangi rasa nyeri pada sayatan.

Bagaimana? Apakah Anda tetap ingin melahirkan lewat operasi caesar atau normal saja?

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *