Ilustrasi menu sarapan (freepik)
Resep

Bingung Cari Menu Sarapan? Coba Aja yang Ini

DOTLARE — Banyak Bunda yang mungkin bingung membuat menu sarapan. Karena tidak sempat atau belum tersedia bahan bakunya.

Akhirnya, anggota keluarga tidak sarapan sebelum beraktivitas. Padahal, sarapan merupakan hal penting bagi tubuh untuk menunjang semua aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari.

Nah, supaya Bunda tidak bingung lagi, Bunda bisa mencoba membuat sarapan yang Dotlare.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini:

1. Sandwich
Sandwich bisa Bunda jadikan sarapan cepat dan menyehatkan. Siapkan bahan-bahan utamanya yaitu telur dadar maupun goreng, selada, tomat, bawang bombay dan saus. Menu sarapan ini bisa disantap di rumah atau saat perjalanan menuju kantor ataupun ke sekolah.

2. Salad sayur/buah
Jika keluarga Bunda pencinta sayur atau buah-buahan, Bunda juga bisa menjadikan bahan-bahan menyehatkan ini sebagai menu sarapan.

Ambil sayur atau buah dari kulkas, cuci bersih semua bahan lalu potong sesuai selera. Selanjutnya campurkan minyak zaitun, mayones atau madu sesuai selera. Bunda juga bisa menambahkan chips atau taburan kacang supaya menu sarapan salad menjadi lebih nikmat.

Mudah dan Bergiizi

3. Roti tawar
Roti tawar merupakan salah satu pilihan menu sarapan yang mudah dan bergizi. Untuk memberi rasa, Bunda bisa mengoleskan selai atau meses sesuai selera.

4. Minum susu
Di antara sekian banyak menu sarapan. Pilihan yang paling mudah adalah minum susu. Satu gelas susu sudah bisa memenuhi kebutuhan energi pagi. Bunda bisa mencoba memilih susu segar atau kental manis untuk pilihan sarapan.

5. Omelet
Menu telur juga selalu menjadi andalan sebagian besar Bunda ataupun orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk sarapan. Selain mudah dibuat, rasanya yang lezat juga bisa menambah energi tubuh.

6. Pecel
Bunda cukup mencuci sayur-sayuran seperti tauge, bayam, dan kacang panjang lalu merebus semua bahan itu. Terakhir, tambahkan sambal pecel yang sudah diseduh dengan air panas.

7. Smoothie buah
Bagi Bunda pencinta buah-buahan, juga bisa lho bikin smoothie buah. Cukup siapkan buah-buahan, potong semua bahan dan blender dengan mencampurkan sedikit air tanpa tambahan gula. Smoothie ini bisa disimpan dalam tumbler untuk dibawa ke kantor atau bekal anak sekolah.

8. Tumis sayuran
Tumis sayur juga bisa dijadikan menu sarapan karena tidak butuh watu lama untuk membuatnya. Ambil dan cuci bersih sayuran kesukaan keluarga Bunda, lalu tumis sebentar dengan tambahan bumbu sederhana seperti bawang putih dan sedikit garam agar makin sedap.

9. Oatmeal
Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan yang mudah, cepat, serta praktis. Selain cepat dan praktis, makanan ini juga menyehatkan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

Oatmeal juga memiliki kandungan manfaat lainnya seperti mengurangi obesitas, menurunkan kolesterol dan hipertensi atau darah tinggi, juga mengandung anti oksidan.

Caranya, Bunda hanya perlu menuangkan sedikit air panas atau memanaskan oatmeal sebentar saja di atas kompor. Setelah itu bisa dituang ke mangkuk dan tambahkan potongan buah segar atau almond sebagai pelangkap oatmeal, dijamin semakin lezat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *