bulu mata anak lentik
Kesehatan

Bulu Mata Anak Lentik, Begini Tipsnya

DOTLARE — Bulu mata anak lentik adalah idaman para orang tua, itulah kenapa bulu mata menjadi salah satu perhatian sejumlah Bunda. Terutama yang punya putri cantik. Tak sedikit buah hati yang secara alami mempunyai bulu mata lentik.

Tapi ada pula buah hati yang bulu matanya tidak lentik. Mungkin bila buah hati cowok tidak terlalu menjadi perhatian Bunda ya. Biasanya Bunda ingin putrinya mempunyai bulu mata lentik sehingga terlihat makin cantik.

Tak usah khawatir. Kalau Bunda ingin putrinya mempunyai bulu mata yang lentik, coba aja, tips di bawah ini. Semoga bermanfaat yaaa…

1. Potong bulu mata anak maksimal tiga kali
Bunda bisa memotong sedikit bulu mata buah hati yang belum merata pertumbuhannya saat berusia kurang dari 6 bulan. Kenapa dipotong? Karena akan memicu pertumbuhan akar bulu mata sehingga membuat bulu mata lebih lebat.

Bunda bisa menggunakan gunting kecil dan lakukan saat buah hati sedang tidur lelap.  Tapi jangan terlalu pendek ya Bunda.

2. Minyak kelapa
Cara kedua, Bunda bisa memanfaatkan minyak kelapa. Kenapa minyak kelapa? Karena minyak kelapa mengandung vitamin E tinggi sehingga berkhasiat untuk menyuburkan rambut, termasuk menyuburkan dan melentikkan bulu mata.

Tapi jangan sampai salah menggunakan minyak kelapa ya Bun. Karena yang dipakai adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO). Bunda bisa mengoleskan VCO pada kapas, lalu perlahan-lahan usapkan pada bulu mata saat buah hati akan tidur. Biarkan selama semalaman.
Cara mengusapnya yaitu mengikuti arah tumbuh bulu mata, mulai dari pangkal hingga ke ujungnya. Minyak yang tersisa akan terbilas sendiri saat mandi pagi.

3. Minyak kemiri
Bunda juga bisa menggunakan minyak kemiri lho. Minyak ini tidak hanya berkhasiat merangsang pertumbuhan akar rambut dan bulu mata menjadi lebih aktif, tapi juga menebalkan dan membuat lebih hitam.

Bunda bisa mengoleskan minyak kemiri setelah buah hati mandi atau saat akan tidur. Oiya cara membuat minyak kemiri ini mudah, kok, Bun. Ambil 4-5 buah kemiri lalu diblender hingga mengeluarkan minyak. Bunda ambil minyaknya dan oleskan ke permukaan bulu mata.

4. Minyak zaitun
Selain itu, Bunda bisa memanfaatkan minyak zaitun murni. Atau misalnya mau membeli yang sudah jadi, Bunda bisa melihat yang di kemasannya tertulis extract virgin olive oil. Minyak zaitun mengandung polifenol yang menyehatkan bulu mata. Minyak zaitun juga kaya vitamin E dan antioksidan yang membuat kulit di sekitar bulu mata menjadi lebih halus, dan lembap, sehingga memicu pertumbuhan bulu mata yang sehat.

Sebaiknya minyak zaitun dioleskan sebelum buah hati tertidur. Itu karena kandungan polifenol akan ekerja efektif selama buah hati terlelap. Bunda bisa menggunakan cotton bud untuk membantu meratakan minyaknya pada permukaan bulu mata.

5. Berikan asupan yang mengandung vitamin E
Kenapa vitamin E? Karena vitamin E berkhasiat menyehatkan kulit dan mengaktifkan kerja folikel rambut, termasuk folikel di area bulu mata. Nah, vitamin E ini akan lebih efektif jika diberikan dalam bentuk nutrisi makanan.

Bunda berikan kepada buah hati makanan yang kaya vitamin E ini. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E ini antara lain gandum, alpukat, kacang almond, dan brokoli.

6. Tanaman lidah buaya 
Tanaman lidah buaya sudah dikenal sebagai tanaman yang punya khasiat untuk menyuburkan rambut. Vitamin C yang terkandung dalam lidah buaya ini juga merangsang pertumbuhan bulu mata. Hal itu karena tanaman lidah buaya ini kaya kandungan mineral seperti seng, zat besi, dan kalsium yang membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Bunda bisa pilih tanaman lidah buaya yang masih segar dan berbatang besar. Jangan lupa cuci dulu hingga bersih, lalu potong untuk mendapatkan gel. Gosokkan cotton bud ke gel lalu usapkan ke bulu mata buah hati Bunda. Diamkan hingga 30 menit, lalu ajak buah hati mencuci wajah.

Itulah beberapa tips membuat bulu mata anak lentik, cukup mudah bukan!

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] kita lelah mengurusi rumah, begitu melihat bayi kita yang wajahnya imut, apalagi sambil melet-melet dan menjejak-jejakkan kakinya, duh…rasanya langsung […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *