Ilustrasi pola tidur bayi (freepik)
Ibu dan Anak

Cara Agar Si Kecil Tidak Tidur Malam

DOTLARE — Si Kecil mempunyai kebiasaan tidur larut malam Bun? Setiap orang tua pasti ingin si kecil tidak tidur malam. Jangan khawatir, ini ternyata merupakan hal yang normal. Si Kecil tidur malam disebabkan karena Si Kecil tidak ingin melewatkan waktu yang menyenangkan dengan orang tuanya, khususnya bagi yang berusia 2 tahun.

Baginya, bermain dan bergerak ke sana kemari merupakan kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan harus tidur di kamar.

Nah untuk menyiasati kebiasaan Si Kecil ini yang perlu Bunda lakukan adalah membentuk rutinitas yang konsisten sebelum Si Kecil tidur. Ajak ia melakukan kegiatan yang sama sebelum tidur hingga akhirnya bisa tertidur dengan sendirinya. Rutinitas sebelum tidur ini bisa dilakukan selama 15-20 menit sebelum Si Kecil tidur.

Rutinitas sebelum tidur yang bisa Bunda terapkan agar si kecil tidak tidur malam di antaranya adalah:

Tetapkan jadwal tidur yang konsisten

Bunda perlu menentukan kapan waktu tidur Si Kecil. Tentukan jam berapa Si Kecil harus tidur pada malam hari setiap harinya.

Buat suasana yang tenang

Agar transisi dari waktu bermain menuju waktu tidurnya lancar, buat suasana yang tenang. Lakukan hal ini 10 menit sebelum ia tidur. Matikan televisi atau gadget, kemudian ajak Si Kecil ke kamar dan ajaklah dia bercerita / ngobrol santai. Jika Si Kecil tidak takut, bisa juga dengan mengganti lampu kamar dengan lampu tidur yang lebih redup.

Biarkan ia tidur sendiri

Dengan tidak menemani Si Kecil tidur atau berada di sampingnya terlalu lama, Bunda sekaligus mengajarkan kemandirian, bahwa ia bisa kembali tidur dengan sendiri tanpa perlu kehadiran Anda untuk menenangkannya. Sebelum tidur bisikkan pula kata-kata yang menenangkan seperti “Mama sayang adik, dan kamu aman.”

Berikan Si Kecil ‘teman tidur’

Boneka atau selimut yang hangat biasa si kecil gunakan untuk menjadi “teman tidur” nya agar ia tak merasa sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba agar si kecil tidak tidur malam dan jam tidurnya juga cukup, karena jika jam tidur si kecil kurang, biasanya akan membuat mereka jadi rewel.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] buah hati kurang tidur juga akan berdampak terhadap kemampuan berpikir bayi. Kalau tubuhnya lelah, kualitas kemampuan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *