Ruam
Ibu dan Anak Kesehatan

Cara Mudah Mencegah Ruam Akibat Popok

DOTLARE — Pemakaian popok pada bayi seringkali menimbulkan ruam. Akibatnya, buah hati menjadi tidak nyaman dan risih. Nah Bunda bisa mencoba beberapa tindakan di bawah ini untuk mencegah ruam popok pada buah hati:

1. Jaga bokong bayi selalu kering & tidak lembap
Menjaga bagian bokong bayi selalu kering dan tidak lembap sangat penting. Hal tersebut dapat menjadi pertahanan terbaik untuk melawan ruam popok. Ganti popok buah hati sesering mungkin atau sesegera mungkin setelah menjadi basah atau kotor.

2. Bersihkan area vital
Pembersihan area vital harus dilakukan secara menyeluruh setiap kali melakukan pergantian popok.

3. Tepuk kulit untuk mengeringkan
Tidak perlu digosok. Bunda juga dapat menggunakan hair dryer pada saat mengeringkan area popok bayi setelah diganti.

4.  Oleskan secara tipis salep pelindung
Jika buah hati terlihat rawan terhadap ruam popok, Bunda bisa mengoleskan secara tipis salep pelindung di bagian bawahnya setelah pergantian popok.

5.  Jangan gunakan serbuk/tepung maizena
Jangan menggunakan serbuk atau tepung maizena karena partikelnya bisa berbahaya bagi paru – paru anak jika terhirup. Beberapa ahli berpikir tepung maizena dapat membuat ruam popok menjadi tambah parah.

6. Perhatikan Asupan Makanan
Saat si buah hati mulai mengonsumsi makanan padat, perkenalkan satu item dalam satu waktu. Tunggu hingga beberapa hari untuk menentukan apakah makanan tersebut dapat menyebabkan alergi atau tidak cocok bagi buah hati. Barulah Anda memperkenalkan makanan yang lainnya. Jika berbahaya, hilangkan makanan tersebut untuk sementara waktu.

7. Pilih Popok yang Longgar
Jangan gunakan popok terlalu rapat sehingga tidak ada ruang untuk sirkulasi udara. Kenakan pakaian yang agak longgar pada buah hati.

8. Pilih Deterjen yang Tepat
Gunakan deterjen yang bebas wewangian untuk mencuci popok kain. Dan jangan gunakan pelembut kain atau deterjen yang wangi dan mengandung bahan kimia. karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit pada buah hati.

9. Cuci Popok dengan Benar
Cuci popok dengan air panas, dan bilaslah dua kali. Anda dapat menambahkan secangkir cuka ke bilasan pertama untuk menghilangkan iritasi basa.

10. Berikan ASI selama Bunda bisa
Karena ruam biasanya jarang terjadi pada bayi yang disusui, meski hal tersebut belum tentu valid. Satu teori yang pasti ialah bahwa feses bayi yang disusui memiliki pH yang lebih rendah, yang membuat kotoran mereka kurang asam dan tidak berpengaruh banyak dalam mengiritasi kulit.

11. Konsultasi ke Dokter
Bila si Kecil memang perlu minum antibiotik, tanyakan pada dokter untuk memberikan probiotik juga. Probiotik mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus, yang dapat mengurangi kemungkinan anak Anda terkena ruam popok.

12. Ajarkan Cara Ini ke Pengasuhnya
Jika anak Anda pergi ke tempat penitipan anak, pastikan pengasuhnya memahami pentingnya melakukan tindakan pencegahan ini.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *