Ilustrasi tubuh sehat bugar (freepik)
Kesehatan

Cara Untuk Mengetahui Apakah Tubuh Sehat dan Bugar

DOTLARE — Tiap orang pasti ingin tubuhnya sehat dan bugar. Namun terkadang kita tidak menyadari pola makan dan gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Berikut Dotlare rangkum ciri-ciri tubuh yang sehat dan bugar dari berbagai sumber:

1. Tubuh kita mudah bergerak

Tubuh yang sehat dan bugar memudahkan kita bergerak tanpa rasa sakit. Bila Bunda dan keluarga merasakan tidak nyaman saat tubuh bergerak atau beraktivitas, bisa jadi tubuh sedang tidak sehat dan bugar.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Bunda dan keluarga untuk menjaga berat badan, mengatur pola makan dan gaya hidup. Hal ini penting agar kualitas hidup dan kuantitas hidup secara fisik maupun emosional terjaga.

2. Tidak ada kelebihan lemak di perut dan paha

Salah satu ciri paling mudah dilihat adalah tidak adanya kelebihan lemak di perut dan paha. Idealnya, menjaga komposisi tubuh yaitu menghilangkan kelebihan lemak dan mempertahankan otot. Salah satu ciri orang sehat dan bugar adalah tidak adanya lapisan lemak di perut atau paha.

3. Detak jantung

Nafas biasanya terengah-engah setelah berolahraga berat atau latihan fisik. Namun sebenarnya, pada tubuh yang sehat dan bugar, detak jantung akan kembali normal setelah seseorang latihan fisik.

Kesehatan jantung bisa dilihat dari bagaimana kondisi seseorang setelah selesai berolahraga atau latihan fisik.

4. Postur tubuh baik saat berolahraga

Kondisi postur tubuh ternyata turut andil dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Postur tubuh yang baik dapat menunjukkan bahwa otot inti dan otot kaki terbilang kuat.

5. Berkeringat lebih awal saat olahraga

Ternyata, berkeringat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Dengan berkeringat tubuh mengeliminasi bahan kimia dan membersihkan diri dari bakteri.

Orang yang berkeringat lebih awal saat latihan menandakan tubuhnya lebih bugar. Saat berjalan dan mulai berkeringat, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kita lebih terbiasa untuk berolahraga.

Untuk menjaga tubuh agar sehat dan bugar, perhatikan juga kualitas dan kuantitas tidur serta istirahat yang cukup.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *