Manfaat Jeruk Lemon
Kesehatan

Khasiat Tersembunyi Kulit Lemon

DOTLARE — Bunda dan keluarga sering mengonsumsi lemon? Biasanya, yang dikonsumsi hanya sari buahnya ya?

Nah kali ini, perlu Bunda ketahui bahwa kulit lemon ternyata juga punya khasiat tersendiri. Bukan cuma dagingnya, kulitnya juga punya banyak manfaat. Apa saja khasiat dari kulit lemon?:

1. Menguatkan daya tahan tubuh
Ternyata kulit lemon mengandung senyawa flavonoid dan kaya vitamin C. Kulit lemon punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bunda juga bisa merendam kulit lemon yang sudah dibersihkan dalam air yang sudah dijadikan infuse water.

2. Menjaga kesehatan mulut
Kulit lemon dapat menghambat pertumbuhan mikroba karena kaya senyawa antibakteri. Kulit lemon menjaga kesehatan mulut dari infeksi bakteri. Termasuk untuk mengatasi sariawan, infeksi gusi dan gigi berlubang.

Tangkil Radikal Bebas

3. Menangkal bakteri
Kulit lemon punya kandungan efek antimikroba dan antijamur. Keduanya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Ekstrak kulit lemon dapat memerangi jamur penyebab infeksi kulit yang resisten terhadap obat.

4. Menangkal radikal bebas
Tak hanya buahnya, dalam kulit lemon kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Molekul antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan. Radikal bebas ini seringkali menyebabkan penyakit kanker, mata katarak, merusak fungsi ginjal, mengurangi kesehatan dan kecantikan kulit dan masih banyak lainnya.

5. Menangani batu empedu
Kulit lemon bisa digunakan untuk menangani batu empedu. Namun, studi lanjutan masih diperlukan untuk memastikan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *