Kehamilan

Fakta Anak Kembar yang Wajib Kita Ketahui

DOTLARE – Serial animasi Upin & Ipin begitu populer di Indonesia dan digemari anak-anak. Ya, karakter Upin dan Ipin itu begitu comel dan menggemaskan kadang membuat jadi pengin punya anak kembar ya?

Ada beberapa faktor yang mendukung pasangan suami-istri memiliki anak kembar. Baik kembar indentik atau tidak. Seperti gen keturunan, program kehamilan dan bahkan etnis penduduk suatu negara.

Kembar identik terjadi saat satu sel telur bertemu dengan satu sperma, kemudian membelah dua, mereka akan menjadi janin kembar dua identik. Begitu juga seterusnya jika salah satu telur membelah lagi yang akan menjadi kembar tiga identik. Jenis kelaminnya pun akan sama. Tiga sampai empat kelahiran kembar identik terjadi dari 1.000 kelahiran bayi hidup.

Sedangkan kehamilan janin kembar tidak identik terjadi saat perempuan mengeluarkan dua sel telur dari ovariumnya saat masa subur. Masing-masing telur akan dibuahi sperma yang berbeda, maka terjadilah kehamilan kembar tidak identik.

Anak kembar tidak identik punya tampilan fisik yang berbeda, meski dari orang tua yang sama. Dibandingkan kehamilan kembar identik, anak kembar tidak identik lebih banyak terjadi.

Punya Ikatan Batin Kuat

Baik anak kembar identik maupun tidak identik juga punya ikatan batin yang kuat. Itu terjadi sejak awal kehamilan. Sebuah penelitian menyebutkan di minggu ke-14 kehamilan, janin kembar dua sudah melakukan gerakan yang disengaja antara satu dengan yang lainnya, seperti ada interaksi di antara mereka.

Tapi tahukah Anda, kalau enam dari sepuluh kehamilan kembar akan melalui proses persalinan secara caesar. Metode ini dilakukan demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayinya. Apalagi jika kehamilannya punya lebih dari dua bayi bahkan dalam jumlah yang lebih banyak. Sebab melahirkan bayi kembar punya banyak risiko, terutama pada kehamilan kembar identik.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *