Anak Tumbuh Tinggi
Kesehatan

Ingin Anak Tumbuh Tinggi, Begini Tipsnya

DOTLARE – Banyak orang tua mengarahkan anak-anaknya banyak minum susu agar badan anak tumbuh tinggi. Tapi ternyata, tinggi si anak tidak setinggi teman-teman sebayanya. Lho kok bisa?

Lalu bagaimana caranya agar tinggi badan anak bertambah? Bicara soal tinggi badan, sebenarnya tergantung dari beberapa faktor:

1. Faktor genetik
Faktor genetik adalah faktor utama yang menentukan tinggi anak, yaitu sebesar 80 persen. Jadi, jika keluarga bertubuh tinggi, maka besar kemungkinan anak-anak Anda juga bakal bertubuh tinggi, dan sebaliknya.

2. Hormon
Secara alami, tubuh memproduksi hormon dan memerintahkan lempeng pertumbuhan (growth plaste) untuk terus tumbuh. Hormon yang dimaksud adalah hormon pertumbuhan, hormon tiroid, testosteron dan estrogen.

3. Nutrisi
Anak-anak harus mendapatkan nutrisi dalam masa tumbuh kembangnya. Anak-anak yang pada masa tumbuh kembangnya tidak mendapatkan nutrisi yang memadai, maka tinggi badannya tidak akan maksimal.

4. Jenis kelamin
Anak laki-laki cenderung lebih tinggi dibandingkan anak perempuan, karena masa tumbuh kembang anak laki-laki lebih lama.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu agar anak tumbuh tinggi:

a. Manfaat Sinar Matahari
Sinar matahari bagus dalam tumbuh kembang anak. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang berfungsi dalam pembentukan tulang dan otot. Sedangkan sumber vitamin D alami lainnya, misalnya kuning telur, jamur, boga bahari, ikan salmon, tuna, sarden atau makarel.

b. Pola Makan Seimbang
Nutrisi yang memadai sangat membantu pertumbuhan anak, termasuk tinggi badannya. Terapkan pola makan sehat. Yaitu terdiri dari kombinasi protein, karbohidrat, lemak serta vitamin dalam jumlah yang seimbang. Selain itu, batasi konsumsi makanan tidak sehat untuk anak, seperti junk food, makanan berminyak dan manis.

Konsumsi makanan yang mengandung protein, sayuran daun dan lainnya yang kaya kalsium dan potasium. Zinc, juga punya peran penting dalam pertumbuhan tinggi anak. Beberapa sumber makanan yang kaya zinc, misalnya biji labu (squash) dan kacang-kacangan. Makanan bernutrisi ini penting, bukan hanya agar anak sehat dan tumbuh tinggi, tapi juga membuat tubuh kuat.

c. Tidur Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk tubuh anak. Pola tidur yang buruk dan tidak segera dibenahi, bisa memengaruhi pertumbuhannya. Anak harus tidur malam selama delapan jam agar tumbuh tinggi dan kuat. Tidur penting karena hormon pertumbuhan pada anak, dilepaskan hanya ketika mereka sedang tidur.

d. Berenang
Berenang bisa untuk mengurangi berat badan anak yang berlebih. Gerakan berenang serupa dengan gerakan peregangan baik untuk pertumbuhan tulang punggung.

e. Lakukan Gerakan Peregangan
Gerakan peregangan ternyata banyak manfaatnya. Peregangan bermanfaat bagi tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Peregangan juga bisa membantu menghilangkan rasa capek dan pegal setelah anak beraktivitas.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *