Ilustrasi makanan sehat dan kaya nutrisi (freepik)
Resep

Ini 5 Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi untuk Balita

DOTLARE -– Anak balita membutuhkan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Apalagi pada usia ini, anak balita sedang aktif dan banyak belajar.

Nah Bunda juga harus cerdik memilih makanan yang  kaya nutrisi untuk buah hatinya ya. Nggak usah bingung Bunda, berikut ini beberapa contoh makanan sehat yang bisa disajikan untuk anak balita, seperti dikutip dari halodoc.com:

1. Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi, bayam, brokoli, dan kangkung memiliki banyak kandungan serat untuk menjaga metabolisme tubuh dan kadar vitamin serta mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.

2. Daging
Makanan sehat selanjutnya yakni daging. Daging merupakan sumber yang baik untuk tubuh karena mengandung vitamin, protein, mineral, zat besi, seng, dan vitamin B12. Kamu bisa membuat menu makanan sehat balita dari daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit. Namun perlu diingat sebaiknya kamu perlu mengurangi konsumsi jeroan dan daging olahan seperti sosis dan nugget.

Mengandung banyak zat gizi

3. Buah-buahan
Kamu perlu juga memasukkan menu makanan sehat balita berupa buah-buahan seperti alpukat, blueberry, atau jeruk mandarin yang memiliki banyak kandungan berbagai zat gizi yang diperlukan si buah hati. Untuk alpukat, buah ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang menyehatkan.

Karena makanan sehat ini mengandung kalori yang tinggi. Alpukat juga cocok untuk dijadikan menu sehari-hari bagi si kecil yang berat badannya masih kurang. Sementara blueberry memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk mata, otak, dan saluran kemih anak. Jeruk mandarin kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat favorit.

4. Kacang-kacangan
Kamu juga bisa menyajikan menu makanan sehat balita dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, almon, pistachio, dan lain-lain yang memiliki kandungan sumber lemak baik (omega-3 dan omega-6) sehingga bermanfaat untuk tubuh, khususnya jantung. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, fosfor, selenium, dan mangan.

5. Yoghurt
Kamu bisa memperkenalkan yoghurt kepada anak yang berusia satu tahun ke atas. Yoghurt merupakan bakteri baik dalam produk fermentasi susu berfungsi memelihara kesehatan saluran pencernaan anak kamu.

Makanan sehat yang satu ini juga menjadi sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi buah hati kamu. Selain itu yoghurt juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung dan otak.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *