Kebiasaan Tidak Baik
Kesehatan

7 Makanan Sehat Untuk Balita

DOTLARE — Masa balita adalah masa emas pertumbuhan anak atau golden age. Oleh karena itu, orang tua harus jeli dan paham apa yang harus dilakukan pada masa itu. Salah satunya adalah soal makanan sehat untuk balita.

Orang tua harus menyiapkan makanan sehat untuk balita secara teratur agar nutrisinya tercukupi sehingga anak bisa tumbuh serta berkembang sehat dan cerdas. Ada beberapa jenis makanan untuk yang sehat untuk dikonsumsi.

Berikut jenis makanan anak balita yang sehat untuk Bunda masukkan ke dalam menu harian:

1. Telur
Telur membantu meningkatkan konsentrasi. Telur juga mempunyai makanan yang memiliki protein dan nutrisi lengkap yang baik untuk perkembangan anak Anda. Selain itu, mengonsumsi telur juga ternyata baik untuk kesehatan mata karena mengandung karoten, lutein, dan zeaxanthin.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau merupakan nabati yang kaya folat dan vitamin. Sayuran hijau bermanfaat menurunkan risiko anak mengalami demensia. Sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan membantu pertumbuhan sel-sel otak.

3. Buah
Sebagian besar buah cocok dijadikan cemilan sehat sehari-hari karena banyak mengandung serat, vitamin dan nutrisi penting. Misalnya pisang, apel, pir, anggur. Buah tersebut mengandung kalium, vitamin A dan vitamin C.

4. Yogurt
Produk fermentasi susu ini bisa juga dijadikan makanan sehat untuk balita. Yogurt mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk perkembangan anak. Beberapa jenis yogurt juga mengandung bakteri baik untuk saluran pencernaan.

5. Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan balita yang sehat. Ikan mengandung vitamin D dan omega-3 yang akan melindungi otak dari gangguan daya ingat dan mental. Contoh ikan yang baik dikonsumsi balita adalah salmon, tuna, dan sarden.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kedua makanan inibaik untuk system saraf. Kacang dan biji-bijian merupakan makanan kaya protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral.

7. Oatmeal
Oatmeal juga bisa menjadi menu sarapan yang baik untuk anak. Oatmeal bisa diolah sebagai camilan menyehatkan yang lezat. Oatmeal baik untuk makanan balita karena tinggi akan serat, sehingga baik untuk pencernaan.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] bisa menggosok giginya sendiri. Tapi bagaimana jika saat menggosok gigi itu, si kecil tanpa sengaja menelan pasta gigi. Atau, jangan-jangan malah si kecil dengan sengaja memakannya. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *