Ilustrasi pola tidur bayi (freepik)
Ibu dan Anak Kesehatan

Ini Loo Bahaya Bila Bayi Kurang Tidur

DOTLARE — Halo Bunda, bagaimana kabar buah hati Bunda. Apakah buah hati Bunda bisa tidur nyenyak. Semoga tidak sampai begadang atau susah tidurnya ya Bun. Karena bila bayi kurang tidur akan mengganggu daya tahan tubuhnya lo.

Tidur yang cukup punya andil besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi. Perlu Bunda tahu, kurang tidur dapat membuat kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun. Dalam kondisi ini, efektivitas sistem daya tahan tubuh bayi juga bisa ikut menurun. Hasilnya, bayi jadi mudah sakit, dan pertumbuhannya akan terganggu.

Bila buah hati kurang tidur juga akan berdampak terhadap kemampuan berpikir bayi. Kalau tubuhnya lelah, kualitas kemampuan berpikirnya jadi rendah. Akibatnya, bayi tak memiliki kemampuan merespons yang baik. Bayi yang kurang tidur juga akan menjadi lebih rewel, cengeng, dan sulit diatur.

Wah Bunda harus waspada ya, jangan sampai buah hati kurang tidur. Bunda bisa mengenali tanda-tanda buah hati sudah mengantuk, di antaranya:
a. Menggosok mata
b. Menguap
c. Memalingkan muka
d. Rewel

Nah, supaya buah hati Bunda tercukupi tidurnya, Bunda bisa melakukan tips-tips berikut ini:

1. Perhatikan waktu menidurkan buah hati
Para ahli merekomendasikan agar orang tua menidurkan b. uah hati mereka antara pukul 18.30 dan 19.00. Para ahli berpendapat rentang waktu ini sebagai waktu yang tepat untuk mulai menidurkan buah hati di bawah usia 1 tahun.

2. Bunda bisa mengawalinya dengan memandikan buah hati menggunakan air hangat. Hal ini dapat membuat buah hati menjadi lebih tenang, santai, dan relaks.

3. Agar tidurnya nyaman, Bunda sebaiknya memakaikan pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Hal ini untuk menghindari iritasi pada kulit yang bisa membuat buah hati jadi sering terbangun di tengah malam.

4. Jangan lupa juga Bunda, usahakan ruangan atau kamar tidur buah hati dibikin redup saat akan tidur.

5. Supaya lebih cepat pulas, Bunda bisa sambil memijat buah hati sekitar 15 menit.

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] tips yang bisa dicoba agar si kecil tidak tidur malam dan jam tidurnya juga cukup, karena jika jam tidur si kecil kurang, biasanya akan membuat mereka jadi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *