Manfaat Jeruk Lemon
Kesehatan

Ini Dia, Segudang Manfaat Jeruk Lemon untuk Bunda

DOTLARE — Bunda, tahu kah bahwa jeruk lemon itu ternyata tidak hanya seru buat dimakan lo. Buah ini ternyata juga punya banyak manfaat. Banyak manfaat jeruk lemon, seperti untuk kesehatan, diet, kecantikan, dan lain sebagainya.

Jeruk lemon (Citrus limon) adalah satu dari berbagai jenis jeruk yang memiliki warna kuning cerah dan rasa masam. Buah ini kaya kandungan nutrisi yang bermanfaat sebagai antioksidan, vitamin, dan nutrisi.

Kebutuhan Nutrisi

Nutrisi itu sangat dibutuhkan manusia untuk aktivitas sehari-hari. Buah ini baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Selain itu, ada kandungan rendah kalori sehingga dapat membantu proses diet.

Kandungan jeruk ini di antaranya yaitu vitamin C, asam sitrat, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, dan kalium.

Berikut penjelasan terkait manfaat jeruk lemon untuk kesehatan, diet, hingga kecantikan:

1. Membuat lancar pencernaan
Minum secara rutin air jeruk hangat setelah makan siang atau makan malam baik untuk sistem pencernaan.
Kandungan nutrisi dalam jeruk lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut sehingga dapat membantu buang air besar secara teratur.

2. Menjaga kesehatan mulut
Buah ini bermanfaat untuk kesehatan mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar.

Perawatan gigi menggunakan jeruk ini dapat dilakukan dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon dan baking soda sebagai cairan pemutih gigi.

Sedangkan untuk bikin nafas segar dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan air jeruk lemon.
Perlu diingat untuk tidak sering menggunakannya, pasalnya kandungan asam pada perasan jeruk lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

3. Mengobati sakit tenggorokan
Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakan di dalam tenggorokan. Zat asam dari jeruk lemon berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Mencegah risiko
Jeruk merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Kekurangan vitamin C di dalam darah bisa berakibat penyakit yang mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, jeruk lemon kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *