Ilustrasi berjalan kaki nyeker (freepik)
Kesehatan

Ini Lho Manfaat yang Hobi Jalan Kaki Nyeker

DOTLARE — Nyeker alias tidak pakai alas kaki (sandal, sepatu, dll) ternyata berdampak positif bagi tubuh kita. Apalagi kalau bertelanjang kaki di tanah dan rumput.

Apa aja sih manfaat kalau kita berjalan kaki nyeker atau telanjang kaki?

1. Melancarkan sirkulasi darah
Sirkulasi darah yang lancar akan membuat tubuh jadi sehat, segar. Selain itu juga mampu mengurangi peradangan di kaki. Disarankan untuk nyeker di tempat berbeda seperti di rumput yang masih basah, di atas batu lempung, dan di tepi pantai agar bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam arteri dan vena. Bagi Bunda yang sering mengalami kaki bengkak, coba saja untuk jalan kaki nyeker.

2. Meningkatkan kepekaan kaki
Alas kaki membuat kepekaan di kaki berkurang. Alas kaki membuat telapak kaki kurang merespons banyak tekstur yang berbeda-beda. Nah saat nyeker itulah, kaki kembali merasakan banyak tekstur dan bentuk. Hal ini membuat kepekaan kembali meningkat.

3. Meningkatkan kepekaan saraf otak
Berjalan kaki nyeker membuat telapak kaki merasakan ketidakseimbangan tekstur tempat pijakan. Bahkan sampai merasakan sensasi panas atau dingin. Kondisi iniĀ  membuat reseptor sensori menyalurkan sinyal ke otak dan membantu menjaga keseimbangan, kekuatan otot, dan membentuk koneksi saraf yang kuat antara kaki dan otak.

4. Membuat suasana hati lebih baik
Kok bisa? Ya, salah satunya karena tempat atau lokasi yang dituju untuk berjalan kaki nyeker tentu bukan sembarang tempat. Bunda dan keluarga akan cenderung memilih tempat yang menarik, indah, dan yang membuat hati senang.

5. Membantu menjaga kesehatan secara alami
Menjaga kesehatan secara alami tentu lebih baik ketimbang menggunakan zat kimia, obat atau lainnya. Nah, berjalan dengan nyeker tentu lebih mudah dilakukan dan sudah pasti alami. Penelitian menyebut berjalan nyeker bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Saat kaki menyentuh langsung ke bumi, bisa membantu memperbaiki jaringan dalam tubuh.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *