Ibu dan Anak

Jangan Cuma Pintar Bikin, Pandailah Momong Anak

DOTLARE – Halo ayah, apa kabar? Baru kerja atau baru momong anak? Ups. Iyalah. Ayah jangan cuma pintar membuat, tapi harus pandai juga momong anak.

Keterlibatan ayah dalam merawat bayi, menjaga anak, sangat penting lho bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain itu, keterlibatan ayah dalam momong anak juga dapat meningkatkan nilai akademik dan prestasi anak di masa depan. Serius.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bayi yang memiliki kedekatan dengan ayahnya memiliki emosi yang lebih stabil, percaya diri menghadapi situasi atau bertemu orang baru, dan gemar mempelajari hal baru.

Melihat fakta tersebut, sudah sepantasnya ayah juga turut andil dalam mengurus anak. Tidak hanya demi membangun ikatan kuat dengan anak, tapi juga meningkatkan keharmonisan dengan istri. Beneran.

Bagi ayah yang tidak terbiasa momong anak dan hanya pasrah kepada istrinya, sebaiknya mulai dicoba sedikit demi sedikit untuk belajar momong anak. Walau tak mudah pada awalnya, tapi membangun ikatan batin antara ayah dan anak amatlah penting. Ikatan batin yang kuat antara ayah dan anak akan menimbulkan kepercayaan satu sama lain, bahkan hingga sang anak beranjak dewasa nanti.

Banyak cara yang bisa dilakukan ayah untuk membangun ikatan batin dengan anak. Yang paling gampang, cobalah membawa anak berkeliling rumah, menggendong dan memeluknya, nyanyikan lagu, ceritakan dongeng pengantar tidurnya, kalau bisa sekalian belajar menyuapi anak, mengganti popok, dan memandikan anak.

Momong anak pastinya banyak memakan tenaga, pikiran, dan waktu. Seperti itulah yang dirasakan istri Anda. Jadi ayah, mulai sekarang cobalah membagi waktu untuk anakl. Sediakan waktu untuk bermain dengannya dan sebisa mungkin siaga di saat anak sakit atau sedang rewel.

Menjadi Ayah Hebat

Ayah bisa memanfaatkan momen sepulang kerja untuk bermain dengan anak. Jangan ragu untuk mengambil cuti dan membuat jadwal khusus agar ayah bisa seharian penuh bersama anak.

Dan perlu diperhatikan, hal terpenting dari merawat anak adalah naluri sebagai ayah. Tak ada yang lebih memahami anak kecuali ayah maupun bundanya sendiri. Jika ayah masih kesulitan momong anak, jangan ragu juga untuk meminta saran dari istri. Intinya kerja sama gitu ya dalam merawat anak biar jadi ayah hebat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *