Jangka Waktu Menyimpan ASI
Ibu dan Anak

Jangka Waktu yang Baik Menyimpan ASI Perah

DOTLARE — Selain cara menyimpan ASI yang tidak sembarangan, jangka waktu menyimpan ASI perah juga tidak boleh sembarangan. Jangan sampai ASI perah yang Bunda simpan terlalu lama malah membuat kualitas ASI tidak baik. Karena itu, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Suhu Ruang
Jika di suhu ruang, ASI hanya dapat disimpan sebentar. ASI yang tidak disentuh, aman untuk bayi jika berada pada suhu kamar maksimal 4 jam. Jika sudah lebih dari 4 jam, Bunda harus membuangnya

2. Cooler Bag atau Cooler Box
ASI dapat disimpan 8-12 jam  pada cooler bag tergantung ketahanan ice gel yang digunakan. Sedangkan pada ice box durasi penyimpanan bisa lebih lama.

3. Kulkas (bukan freezer)
Untuk menjaga ASI tetap dingin, pastikan untuk menyimpan ASI di rak paling bawah di belakang kulkas, bukan di pintu kulkas. Ketika ASI disimpan di kulkas, ASI baru dapat disimpan selama 5-8 hari.

Namun, sebaiknya minumkan susu pada empat hari pertama karena saat itulah lemaknya, aktivitas enzim pencernaan dan manfaat antiinfeksi berada pada kualitas tertingginya.

4. Freezer Kulkas
Penyimpanan di freezer kulkas bisa bertahan 3-4 bulan lamanya.

5. Freezer Khusus
Untuk freezer khusus bahkan bisa mencapai 6-12 bulan penyimpanan.

Tips Menyimpan ASI

Ada beberapa tips di bawah ini yang dapat membantu Bunda untuk menyimpan ASI dengan benar:

  • Pastikan tangan sudah bersih saat akan menyimpan ASI.
  • Masukkan ASI ke wadah sesuai dengan jumlah yang biasanya diminum oleh Si Kecil dalam satu kali.
  • Jangan lupa memberikan label pada wadah penyimpanan. Label tersebut berisi nama bayi, kapan ASI tersebut diperah dan disimpan ke tempat penyimpanan.
  • Jika ASI beku sudah dicairkan jangan lagi dibekukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jangka waktu menyimpan ASI yang baik dan tips menyimpan ASI yang wajib Bunda perhatikan. Jangan sampai salah lagi ya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *