Operasi Caesar
Kehamilan

Kapan Bumil Harus Siap Jika Operasi Caesar?

DOTLARE — Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang stay at home dan menjalani work from home. Di satu sisi ada senangnya juga karena lebih banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Tapi di sisi lain, ada efek kejut juga yang muncul di lingkungan keluarga, yakni bertambahnya anggota keluarga baru. Kalau sudah begitu, sebagian besar calon ibu tentunya menginginkan anaknya kelak lahir secara normal. Namun tidak sedikit pula yang memilih operasi caesar.

Operasi caesar belakangan banyak diminati sebagian ibu hamil untuk melahirkan karena prosesnya yang cepat dan bisa memilih tanggal cantik untuk kelahiran sang bayi. Selain itu, tidak menimbulkan rasa sakit saat persalinan membuat mereka memilih cara ini dibanding melahirkan secara normal.

Walaupun operasi caesar adalah prosedur yang lumrah, tapi operasi ini termasuk operasi besar sehingga membawa risiko tersendiri. Karena itu dokter tidak gampang merekomendasikannya, kecuali jika diperlukan karena ada indikasi medis.

“Saya dulu inginnya melahirkan normal tapi karena posisi bayi saya sungsang. jadi posisi kepala janin tidak berada di bawah. Akhirnya oleh dokter dilakukan operasi caesar,” kata Indah Kurniawati, warga Solo, saat membagikan pengalamannya.

Selain posisi janin yang kurang ideal seperti yang dialami Indah Kurniawati, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan anak untuk dilahirkan melalui operasi caesar, di antaranya:

  1. Bayi menderita kelainan tertentu.
  2. Ukuran bayi terlalu besar, sementara panggul Ibu kecil.
  3. Sang ibu memiliki penyakit jantung atau kondisi medis lain seperti preeklampsia berat yang berisiko memburuk akibat tekanan saat melahirkan.
  4. Plasenta berada di bagian bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir.
  5. Luka terbuka yang disebabkan infeksi herpes genital yang aktif.
  6. Sang ibu terinfeksi virus HIV.
  7. Terdapat lebih dari satu janin dan kondisi kehamilan yang kompleks, misalnya kembar siam.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *