Ilustrasi merawt kulit wajah (freepik)
Kesehatan

Kebiasaan Ini Bikin Kulit Wajah Cepat Menua

DOTLARE — Bagi kaum hawa, kulit wajah menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Mulai dari melakukan senam, menjaga pola makan bahkan sampai perawatan kulit ke klinik kecantikan.

Sebenarnya, tanpa disadari, ada sejumlah kebiasaan yang dilakukan kaum hawa yang justru memberi dampak bagi kulit wajah. Apa aja sih, kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang membuat kulit Bunda jadi lebih cepat menua ?

1. Minum kopi lebih dari segelas
Seperti Bunda ketahui, kopi mengandung kafein. Dan kafein seperti diuretik. Zat ini bisa membuat tubuh Bunda mengeluarkan cairan dan mengursa kelembapan tubuh, termasuk kulit. Hal ini memicu kulit dehidrasi sehingga menyebabkan wajah terlihat kusam dan menua.

2. Membersihkan wajah berlebihan
Hal yang membuat wajah terlihat lebih tua adalah terlalu kering. Itu sebabnya, jangan buru-buru membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah berlebihan. Biarkan minyak alami dari kulit wajah menjaga kelembapannya.
Seiring bertambahnya usia, produksi minyak kulit juga akan menurun. Hal ini berpengaruh pada kulit wajah sehingga terasa kering. Kerutan dan pori-pori menjadi lebih terlihat dan wajah tampak lebih kusam. Ada baiknya Bunda membersihkan wajah dengan sabun pembersih pada malam hari dan memercikkan air (suhu suam-suam kuku) pada pagi hari.

3. Tidak memakai serum antioksidan
Agar kulit Bunda tidak cepat menua, hendaknya menggunakan serum antioksidan bila akan keluar rumah. Mengapa perlu menggunakan serum antioksidan? Karena di luar rumah, ada ancaman paparan ultraviolet (UV) matahari dan polutan. Akibatnya, kulit Bunda bisa terpapar radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Mama bisa mencari formula dengan vitamin C, E, asam ferulic, teh hijau atau likopen.

4. Menggunakan foundation terlalu tebal
Kebiasaan Bunda ketika akan keluar rumah yaitu berdandan. Perlu Bunda ketahui, jangan terlalu banyak memakai foundation atau kulit wajah akan lebih cepat menua. Penggunaan foundation atau alas bedak terlalu tebal/banyak dapat menggumpal dan mengendap sehingga menjadi garis-garis halus dan kerutan. Hal ini menyebabkan kulit kering dan bersisik. Sebenarnya, semakin banyak kulit yang terlihat justru semakin baik. Oleh karena itu pakailah alas bedak secukupnya dan pakai beauty blender untuk meratakannya.

5. Keluar rumah tanpa pelindung mata
Ketika akan beraktivitas di luar rumah, hendaknya Bunda menggunakan krim mata. Bunda bisa oleskan pelembap spektrum luas dengan SPF 30 pada seluruh wajah, termasuk area mata. Hal ini bisa menunda tanda-tanda penuaan dan mencegah kerusakan kulit wajah. Menggunakan kacamata juga bisa membantu melindungi area sekitar mata.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *