Ilustrasi membangun kedekatan(freepik)
Keluarga

Keluarga Harmonis Jangan Lupakan 5 Tips Ini

​DOTLARE — Setiap pasangan pasti mendambakan memiliki keluarga harmonis. Apalagi pasangan muda yang baru menikah.

Membangun biduk rumah tangga memang gampang-gampang susah. Karena masing-masing pribadi mempunyai karakter berbeda, kelebihan dan kekurangan.

Berikut 5 tips yang bisa diterapkan untuk menjaga keluarga harmonis:

1. Luangkan waktu untuk bersama
Kesibukan masing-masing pasangan karena tuntutan pekerjaan seringkali membuat keharmonisan terganggu. Coba luangkan waktu setidaknya 15 menit dalam sehari untuk ngobrol bersama pasangan maupun anggota keluarga lainnya.

Sempatkan pula untuk bepergian bersama anggota keluarga dan melakukan aktivitas seru lainnya bersama-sama.

2. Jaga komunikasi
Kerenggangan dalam keluarga biasanya muncul karena kurangnya komunikasi pasangan maupun dengan anggota keluarga. Kecanggihan teknologi hendaknya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk tetap terhubung untuk sekadar menanyakan kabar. Bisa pesan singkat atau bahkan menelepon langsung.

3. Kelola keuangan dengan baik
Keluarga harmonis tidak cukup hanya dengan menjaga komunikasi dan kebersamaan. Persoalan keuangan juga harus dijaga. Karena keretakan dalam rumah tangga tak jarang terjadi lantaran buruknya manajemen keuangan keluarga.

Kelola keuangan keluarga dengan manajemen yang baik, seperti membuat perencanaan keuangan.

4. Berbagi cerita dan beri perhatian
Banyak aktivitas yang dilakukan masing-masing pasangan maupun anggota keluarga lainnya. Berbagi cerita bisa membuat kehangatan dalam keluarga tetap terjaga. Bila satu anggota keluarga mengalami masalah, jangan ragu untuk berbagi dengan anggota keluarga lainnya. Selain mengurangi beban pikiran pada diri sendiri, hal ini juga bisa membantu mencari solusi.

5. Mengalah dan memaafkan
Pertengkaran ada kalanya muncul dalam keluarga karena satu persoalan kecil. Agar tidak menjadi bom waktu dan tetap bisa menjaga keluarga harmonis, tidak ada salahnya mengalah dan memaafkan.
Meski terlihat sepele, tetapi kedua hal tersebut bisa menjaga kehangatan dan keharmonisan dalam keluarga.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *