Ibu dan Anak Kesehatan

Kenapa Anak Suka Menarik Rambut Sendiri?

DOTLARE – Anak balita mempunyai cara yang unik untuk berkomunikasi karena belum bisa berbicara. Hal itu dilakukan dengan berbagai cara, seperti anak menarik rambut.

Apa yang sebenarnya terjadi saat anak balita Bunda menarik-narik rambutnya sendiri ?

Anak balita suka menarik rambutnya sendiri saat usianya 1 tahun sampai 2 tahun. Bagi Bunda, tentu ada perasaan khawatir ketika anak balitanya menarik-narik rambutnya sendiri. Apalagi bila si buah hati menarik rambutnya dengan kencang.

Sebagian Bunda akan mencegah si buah hati melakukan hal itu, karena terasa menyakitkan. Bunda spontan akan memegang atau menarik tangan si buah hati agar tidak menarik rambutnya sendiri.

Ternyata, ada berbagai alasan yang menyebabkan anak balita kerap menarik-narik rambutnya sendiri.

1.Sedang mencari ide
Setiap hari buah hati selalu belajar tentang suatu hal yang baru. Saat mengetahui hal baru, tentu mereka akan mencernanya terlebih dahulu.

Beberapa bayi, aktivitas menarik rambut bisa membantu mereka mempelajari sesuatu yang baru. Ada kalanya, ketika anak balita menarik rambut, hal itu terkait dengan sembari mencari ide. Setelah menemukan hal menarik dan seru, mereka akan berhenti menarik rambut dan mulai bermain.

2.Anak sedang stres
Bukan hanya orang dewasa, anak balita pun bisa merasakan stres. Hal itu karena anak balita masih belajar mengatur emosinya. Bayi yang menarik rambutnya merupakan tanda bahwa dirinya sedang stres.

Stres di sini bisa dimaksudkan seperti sedang kesal, lelah, atau terganggu karena suatu hal. Saat anak balita menarik rambutnya, mungkin dia sedang menyamankan dirinya sendiri.

3. Tanda lelah
Menurut para ahli, bayi yang suka menarik rambutnya sendiri sebelum tidur merupakan tanda mereka lelah. Salah satu cara agar mereka tidak terus menarik rambut sebelum tidur adalah mengubah jam tidur. Bunda bisa mengajak si Kecil tidur lebih awal agar mereka tidak terlalu lelah.

4. Tanda kalau bayi sedang kesal
Jika mereka menarik rambut sambil menangis, sedangkan mereka tidak mengantuk atau lapar, maka mereka sedang ketakutan atau kesal. Saat buah hati sedang mengalami hal itu, Bunda bisa memeluknya. Beri dia rasa nyaman sehingga rasa percaya dirinya kembali tumbuh.

5. Bisa juga tanda kelainan
Kebiasaan buah hati suka menarik rambutnya sendiri, ternyata memang perlu dikhawatirkan. Hal itu bila buah hati Bunda masih terus menarik rambutnya sendiri sampai ia besar. Bila demikian, mungkin ada yang harus dikhawatirkan. Bunda bisa konsultasikan ke dokter.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *