Memandikan Bayi
Ibu dan Anak

Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

DOTLARE – Saat pasangan suami-istri dikaruniai anak pertama, momen menegangkan sekaligus mengasyikkan adalah saat memandikan bayi. Tapi jangan keseringan memandikan bayi ya. Lah emang kenapa kalau bayi sering dimandikan? Bukannya biar bersih dan sehat?

Bagi kita, orang dewasa maupun anak-anak, sangat dianjurkan mandi dua kali sehari. Umumnya pagi dan sore. Tapi bisa juga lebih dari itu saat tubuh kita kotor atau bau setelah beraktivitas berat, seperti olahraga atau kerja bakti.

Lalu, bagaimana dengan bayi? Apakah bayi juga sebaiknya dimandikan dua kali sehari? Ya, kita tahu kalau mandi itu jadi kebutuhan agar kebersihan bayi tetap terjaga. Selain itu, agar tidak mudah terkena infeksi kulit, mengingat kondisi kulit bayi masih sangat sensitif.

Ternyata, bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari. Apalagi sampai dua kali sehari, tiap pagi dan sore. Dianjurkan, bayi cukup dimandikan 2-3 kali seminggu. Iya beneran. Itu sudah dapat membuat bayi tetap bersih dan sehat.

Kembali lagi, hal itu terkait dengan kondisi kulit bayi yang masih sangat sensitif. Kalau dimandikan terlalu sering, malah dikhawatirkan kulitnya akan menjadi kering dan mudah terkena infeksi kulit. Misalnya eksim atau dermatitis dan ruam popok.

Pilih Waktu yang Tepat

Kalau tidak boleh terlalu sering, lantas kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi? Tidak ada acuan pasti sih. Pintar-pintarnya kita memlilih waktu yang tepat dan bukan di waktu bayi seharusnya menyusu atau sesaat setelah menyusui. Ini penting agar bayi tidak rewel saat dimandikan.

Suhu ruangan dan suhu air juga harus diperhatikan agar bayi tetap hangat. Ingat ya, bayi masih belum bisa mengatur tubuhnya sendiri. Tidak seperti orang dewasa. Selain itu, jangan berlama-lama memandikan bayi. Kita ukur maksimal 10 menit saja. Lebih dari itu, kulitnya bisa jadi kering dan bayi bisa kedinginan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *