Tetap sehat saat work from home (freepik)
Ibu dan Anak

Kenapa Yaa Anak Pandai Meniru?

DOTLARE – Pasti menyenangkan saat melihat balita meniru apa yang kita lakukan. Kemampuan Si Kecil meniru apa yang ia lihat ini bahkan sebenarnya sudah dimiliki sejak beberapa jam setelah Si Kecil lahir ke dunia lho.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog asal AS, Andrew N. Meltzoff dan M. Keith Moore, bayi yang berusia 0,7 dan 71 jam dapat meniru gerakan wajah orang dewasa, yaitu membuka mulut dan menjulurkan lidah.

Studi tersebut dilakukan dengan meletakkan bayi pada ruangan minim cahaya. Para ahli menggunakan peralatan video inframerah untuk mengamati pergerakan bayi. Dalam penelitian itu, para ahli menghitung frekuensi dan durasi bayi saat membuka mulut dan menjulurkan lidahnya. Hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang baru lahir dapat meniru kedua gerakan orang dewasa tersebut.

Kemampuan meniru apa yang ia lihat disebabkan oleh neuron cermin, yaitu neuron yang mencerminkan gerakan orang lain. Sistem neuron cermin memungkinkan seseorang untuk meniru sebuah gerakan seperti tersenyum, berjalan, berbicara, menari, dan lain-lain.

Neuron cermin ini juga membuat seseorang untuk merasakan hal yang sama dengan orang lain, misalnya merasa sedih ketika melihat seseorang menangis, atau ikut bahagia ketika orang lain berbagi kebahagiaan pada kita. Neuron cermin ini tidak hanya aktif ketika seseorang melakukan tindakan, tetapi juga ketika sedang mengamati tindakan serupa yang dilakukan oleh orang lain.

Kebiasaan meniru ini juga terjadi karena orang yang meniru dan orang yang ditiru berada dalam keadaan saraf yang sangat mirip, sehingga seolah-olah mereka melakukan tindakan yang sama atau merasakan emosi yang sama.

 

 

 

Sumber: motherandbaby.co.id

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *