Ilustrasi percakapan agar anak terbuka (freepik)
Keluarga

Lebih Terbuka, Lakukan 4 Hal Ini Terhadap Anak

DOTLARE — Banyak anak kurang terbuka terhadap orang tuanya. Bahkan ada yang sama sekali tertutup, enggan berbagi. Mendidik anak remaja memang lebih sulit dibandingkan ketika mereka masih kecil atau sudah dewasa.

Beberapa Bunda pasti khawatir, cemas ketika anaknya menginjak masa remaja karena lebih sulit diatur. Bahkan Bunda merasa stres melihat tingkah lakunya.

Berikut ini sejumlah tips untuk Bunda agar anak remaja mau terbuka pada orangtua, seperti dikutip dari psycologytoday.com:

1. Mengintensifkan percakapan
Sering-seringlah Bunda bercakap-cakap atau ngobrol dengan buah hati. Dengan sering ngobrol akan membangun kepercayaan anak terhadap orang tuanya.

Tunjukkan kepada buah hati bahwa Bunda juga serius atas apa yang disampaikan. Ini adalah tempat untuk memulai. Anda membangun kepercayaan dan menunjukkan Anda teman yang dapat diandalkan.

2. Beri Contoh
Agar buah hati mau terbuka, Bunda bisa memulainya dengan memberikan contoh baik. Sehingga dia tidak merasa sendiri. Buah hati akan lebih mudah memahami dengan contoh yang Bunda berikan.

3. Jadilah pendengar yang baik
Biarkan anak berbicara yang ingin disampaikannya. Bunda cukup memberi respons dengan mendengarkan baik-baik. Bila perlu Bunda bisa ajukan pertanyaan netral sesekali.

4. Berbagi pendapat
Beri kesempatan kepada buah hati untuk menceritakan pendapatnya. Bunda juga perlu berbagi pendapat tentang suatu hal di dalam rumah.

Bila pendapat buah hati tidak baik menurut Bunda, berita tahu hal yang kurang pas dan beri alasan bagaimana seharusnya. Jangan langsung mengomentari, apalagi komentar negatif

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *