buah naga (freepik)
Kesehatan

Makan Buah Naga, Ini 4 Khasiat yang Kamu Dapatkan

DOTLARE — Keluarga Bunda suka makan buah naga? Kalau suka, paling tidak setiap hari, sudah pasti makan buah-buahan ya.

Buah apa yang paling Bunda atau buah hati sukai? Ada nggak yang suka dengan buah naga?

Buah naga memiliki fisik yang tergolong unik, dari kulitnya yang seperti naga sampai dagingnya yang berwarna merah pekat namun ada juga yang putih.

Dagingnya hampir mirip dengan kiwi, terdapat biji hitam didalamnya, namun daging pada buah naga ini memiliki rasa sebalikya yaitu manis.

Buah yang dikenal juga dengan pitaya ini sendiri berasal dari Amerika Tengah, lalu mulai diekspor ke beberapa negara subtropis Asia Tenggara seperti, Indonesia, Vietnam, dan Indonesia.

Buah ini terkenal dengan rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak. Hal tersebut membuat buah ini nikmat disantap secara langsung maupun dicampurkan ke minuman dingin. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa manfaat buah ini ternyata sangat banyak bagi tubuh.

Khasiat Kesehatan

Jenis buah ini sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori. Buah ini juga mengandung nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tak hanya untuk diet, buah ini juga masih punya khasiat lainnya. Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi buah naga:

1. Melancarkan sistem pencernaan
Buah ini dipercaya melancarkan sistem pencernaan karena mengandung serat. Serat mampu mempersingkat waktu transit. Yaitu waktu yang dibutuhkan makanan dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk tinja.

2. Mencegah kolesterol
Buah istimewa ini memiliki kandungan serat yang sangat baik, yaitu mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja. Dengan demikian, semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

3. Wajah awet muda
Buah unik ini bisa membuat kulit tetap awet muda. Hal itu karena buah ini mengandung antioksidan. Atau Bunda juga bisa mengolah buah naga menjadi masker.

4. Meredakan nyeri
Buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mengurangi rasa sakit atau bengkak pada persendian.Buah naga juga dipercaya dapat mengobati radang sendi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *