Alpukat (freepik)
Kesehatan

Makanan Ini Baik Dikonsumsi untuk Menjaga Kesehatan Jantung

DOTLARE — Penyakit jantung masih menjadi “pembunuh” mengerikan di seluruh dunia. Salah satu pemicunya yaitu pola makan. Pola makan menjadi salah satu pemain utama dalam menjaga kesehatan jantung.

Pola makan tidak sehat dan tidak teratur dapat mempengaruhi risiko penyakit jantung. Makanan yang dikonsumsi tiap hari dapat mempengaruhi tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolestrol. Kesehatan jantung bisa dijaga, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori dan jumlah lemak yang tepat.

Bunda dan keluarga disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, unggas, ikan dan kacang-kacangan guna menjaga jantung senantiasa sehat. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung:

1. Sayuran hijau
Senyawa dalam sayuran hijau sangat bermanfaat bagi jantung dan sistem pembuluh darah. Sayuran kaya serat bisa menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya mengandung banyak vitamin, sayuran hijau juga rendah kalori. Bunda bisa mengonsumsi daun bayam segar sebagai salad atau kangkung sebagai lauk makanan.

2. Tomat
Selain mengandung vitamin, tomat juga mengandung likopen yang tinggi. Menambahkan kandungan likopen pada menu makanan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Coba masukkan tomat pada menu makanan seperti menambahkan beberapa irisan tomat ke sandwich dan salad.

3. Apel
Apel berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena mengandung banyak senyawa berbeda yang meningkatkan berbagai faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Apel mengandung fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi alami. Quercetin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah. Apel mengandung serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Apel juga mengandung polifenol, yang dikenal karena efek antioksidannya.

4. Alpukat
Alpukat sering dikonsumsi dalam bentuk jus. Buah ini kaya asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin dan fitokimia yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi jantung. Asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat, dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di jantung.

5. Ikan salmon
Manfaat salmon sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan tubuh. Salmon adalah salah satu sumber terbaik dari dua asam lemak omega-3 rantai panjang, EPA dan DHA. Kedua jenis asam lemak ini telah lama dikenal untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sel endotel.

6. Produk olahan kedelai
Kedelai adalah protein nabati dan alternatif yang bagus sebagai pengganti daging. Kedelai memiliki efek kardiovaskular yang baik, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol. Tambahkan tahu atau tempe pada menu makanan serta gunakan susu kedelai pada sereal untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Biji-bijian
Biji-bijian utuh menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang akan membantu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Salah satu jenis biji-bijian seperti oat mengandung serat larut yang disebut beta glukan yang membantu mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *