Darah Rendah
Kesehatan

Makanan Penambah Tekanan Darah Rendah Untuk Bumil

DOTLARE – Tekanan darah rendah saat hamil biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan peningkatan aliran darah ke janin. Selain itu juga bisa disebabkan oleh anemia, dehidrasi, kurangnya asupan nutrisi, infeksi, dan pengaruh obat yang dikonsumsi.

Tekanan darah normal adalah 120 mmHg pada garis atas atau sistolik, dan di atas 80 mmHg pada garis bawah atau diastolik. Ibu hamil bisa dikatakan mengalami darah rendah jika tekanan darahnya ≤ 90/60 mmHg.

Berikut makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil.

Bayam

Bayam juga mengandung natrium sebesar 4 mg dalam 100 gram bayam, jumlah yang kecil memang. Tapi, bayam juga mengandung cukup banyak air, yaitu sebesar 92%.

Bayam juga mengandung lutein, serat, asam folat, dan vitamin E. Vitamin E dalam bayam dapat bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Semangka

Kandungan air dalam satu buah semangka bisa mencapai 92%. Semangka juga mengandung likopen, yaitu salah satu antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

Buah lain yang juga mengandung kadar air tinggi adalah jeruk sebanyak 91%, blewah dengan kandungan air sebanyak 90%, nanas dan jeruk mengandung 87% air, serta apel dan pir mengandung 84% air.

Lemon

Buah ini kaya akan air sehingga membantu mencegah dari dehidrasi yang dapat membuat tekanan darah kamu semakin rendah. Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu mengatur sirkulasi darah.

Mentimun

Dalam satu buah timun bisa mengandung air sebanyak 96%, sehingga menjadi salah satu makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil.

Tomat

Tomat juga merupakan salah satu makanan penambah tekanan darah rendah pada ibu hamil yang tidak kalah baik untuk kesehatan. Dengan kandungan begitu banyak air, yaitu sebesar 94%, tomat dapat menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi.

Telur

Makanan yang tinggi vitamin B12 seperti telur sangat disarankan untuk penderita tekanan darah rendah. Hal ini karena, kekurangan vitamin B12 sering kali memicu anemia.

Buah Bit

Buah bit dapat digunakan sebagai penambah darah, selain itu buah bit juga dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.

Dalam 100 gram buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Kamu bisa mendapatkan manfaat buah bit dengan cara membuatnya menjadi jus atau menambahkan buah bit dalam masakan.

Wortel

Kandungan natrium yang cukup tinggi dalam wortel dapat membuat rasa masakan menjadi lebih lezat. Wortel mengandung 70 mg natrium per 100 gram. Selain itu, wortel juga mengandung air sebesar 87%.

Seledri

Seledri memang bisa dipakai untuk memperkuat rasa masakan, karena mengandung natrium tinggi. Daun seledri mengandung 96 mg natrium per 100 gram, sedangkan batang seledri mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Selain itu, seledri juga mengandung air sebesar 95% dan juga mengandung folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Makanan Asin

Makanan yang asin, seperti makanan kalengan, ikan asin, dan hidangan yang ditambahkan garam. Jumlah asupan garam yang disarankan untuk orang dengan darah rendah adalah 4,5 hingga 5 gram per hari.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *