Ilustrasi merawt kulit wajah (freepik)
Kesehatan

Makanan Yang Bisa Membuat Kulit Sehat dan Mulus

DOTLARE — Asupan makanan berperan penting bagi kesehatan kulit sehat dan mulus. Kebiasaan merokok dan makan fast food dapat mepengaruhi kondisi kulit. Cepat keriput atau alami penuaan dini.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mulus , Bunda bisa rutin konsumsi 10 makanan ini.

1. Tomat yang sudah dimasak

Kandungan lycopene yang memberikan warna merah pada tomat ini merupakan kolagen yang sangat baik untuk kekenyalan kulit. Tomat juga memiliki kandungan yang dapat melawan efek oksidasi akibat sinar UV dengan cara melawan radikal anti aging.

2. Wortel

Vitamin A dan beta-karoten pada wortel merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah produksi sel berlebih pada kulit. Kandungan tersebut baik untuk menghilangkan sel kulit mati juga melindungi dan mengurangi perkembangan sel-sel kanker kulit.

3. Ubi Jalar

Hanya dalam setengah buah ubi ukuran sedang sudah terkandung 200% kebutuhan karotenoid harian. Karotenoid ini berguna untuk melawan memperkuat daya tahan tubuh.

4. Kunyit

Di dalam kunyit terkandung antioksidan aktif, kurkumin, juga anti inflamasi aktif. Kunyit juga bisa digunakan untuk mencerahkan flek hitam akibat penuaan, hormon yang tidak seimbang atau paparan matahari yang berlebihan.

Salah satu cara konsumsinya bisa dengan mencampurkan kunyit dengan madu dan gunakan sebagai masker. Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi produksi pigmen berlebih.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung chymopapain yang berguna meredakan inflamasi pada kulit. Enzim papain yang ada di dalamnya juga dapat membantu menghilangkan flek hitam dan menyembuhkan jerawat.

6. Telur

Biotin ini merupakan bagian dari keluarga vitamin B. Kandungan ini dikenal untuk membantu menumbuhkan rambut, menguatkan kuku, melindungi kulit dari jerawat dan mencegah kulit kering.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi sebagai anti penuaan. Lemak ini juga membantu tubuh menyerap vitamin larut yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

8. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dengan anti inflamasi dan anti kanker di dalamnya. Minum 5-6 cangkir teh hijau sehari tidak hanya membantu mencegah kanker kulit tetapi juga memperbaiki kerusakan DNA.

Sebaiknya batasi mengkonsumsi teh hijau. Karena teh ini mengandung kafein yang bisa memicu dehidrasi. Kekurangan cairan bisa merusak kesehatan kulit.

9. Air Kelapa

Air kelapa kaya akan potasium dan elektrolit. Potasium dan elektrolit ini akan membantu menghidrasi kulit, membuat kulit mulus, menjadi lembut dan tampak lebih muda.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *