Ilustrasi mengenalkan buku kepada bayi (freepik)
Ibu dan Anak

Manfaat Mengenalkan Buku kepada Bayi

DOTLARE — Ketika Bunda melihat ada orang tua yang memberikan buku bergambar kepada bayi, pasti muncul pertanyaan, memangnya bayi sudah paham soal buku? Daripada Bunda penasaran, yuk langsung simak aja empat manfaat mengenalkan buku kepada bayi berikut ini.

1. Mempererat ikatan batin bunda dan bayi

Waktu yang diluangkan Bunda bersama buah hati akan meningkatkan frekuensi kebersamaan. Bunda tidak harus selalu membacakan isi buku.

Buku bisa dijadikan sarana bermain bersama sehingga secara tidak langsung Bunda akan melihat proses tumbuh kembang buah hati.

2. Bisa membantu kemampuan komunikasi

Saat Bunda membacakan isi buku atau menceritakan apa yang ada di buku merupakan salah satu bentuk komunikasi dengan buah hati.

Meski belum bisa memahami maknanya, tapi bayi bisa merekam kata-kata yang Bunda ucapkan. Secara tidak langsung buah hati sedang merekam beragam kosa kata sejak dini.

Dan hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasi buah hati saat sudah bisa berbicara.

3. Buku jadi sarana bermain

Bayi tentu membutuhkan banyak mainan untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Dan buku bisa menjadi salah satu mainan edukatif bagi buah hati Bunda.

Melalui buku, Bunda juga bisa sekaligus punya bahan untuk diceritakan kepada buah hati. Tentu saja Bunda harus memilih jenis buku yang tepat untuk usia buah hati.

Perlu Bunda ketahui, saat berusia 4-6 bulan, bayi cenderung menggunakan buku untuk dimakan, dipegang, maupun dikunyah. Oleh karena itu, pilih buku berwarna cerah dan terbuat dari bahan kain. Sedangkan saat berusia 6-12 bulan, bayi mulai menyukai gambar dan merespons.

4. Membantu meningkatkan imajinasi

Buku bisa membantu meningkatkan imajinasi bayi. Kebiasaan Bunda mengenalkan buku kepada bayi akan membuatnya mengenal beragam bentuk, warna, angka bahkan huruf.
Hal ini akan membantu meningkatkan imajinasi bayi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *