Ilustrasi masak telur (freepik)
Resep

Bahaya Tersembunyi Masak Telur

DOTLARE — Bunda dan keluarga sering masak telur? Telur memang menjadi bahan makanan yang paling gampang diolah karena tidak perlu banyak hal untuk membuatnya menjadi enak.

Paling gampang, tinggal masak telur jadi telur ceplok atau telur dadar ya Bund.. Tetapi nih Bund, telur juga penting lho untuk dipilih dan dipilah sebelum dimasak. Bahkan saat beli telur pun Bunda harus teliti.

Kalau tidak tepat membeli telur, bisa jadi Bunda malah dapat telur busuk. Supaya Bunda dan keluarga tidak sia-sia masak telur, berikut ini tips untuk membedakan telur segar dengan telur busuk:

1. Tanggal kedaluwarsa di kemasan
Cara ini yang paling cepat untuk membedakan telur segar dengan telur busuk.

Setidaknya, kalau sudah mendekati tanggal kedaluwarsa Bunda jangan masak telur itu yaa…

2. Rendam telur di dalam air
Cara lainnya yaitu Bunda bisa merendam telur di dalam air. Ada 3 kondisi untuk mengecek telur itu busuk atau tidak.

Kondisi pertama, telur langsung tenggelam ke dasar wadah dengan posisi tidur. Hal ini menunjukkan telur ayam masih segar.

Kondisi kedua, telur tenggelam namun posisi tegak. Ini menunjukkan telur sudah tidak segar namun layak untuk dikonsumsi.

Kondisi ketiga, telur ayam mengapung di permukaan air. Ini berarti telur ayam sudah membusuk dan tidak layak dikonsumsi.

Pecahkan Cangkang Telur

3. Cek pakai senter atau lampu
Cara lainnya yaitu menggunakan senter atau lampu ke arah telur.

Apabila bagian dalam masih terang, artinya masih segar. Namun, jika warna telurnya sudah keruh menandakan bahwa telur sudah busuk.

4. Dengarkan seksama suara telur
Coba Bunda kocok telur dan dekatkan ke telinga. Telus segar tidak akan mengeluarkan suara. Namun sebaliknya, jika Mama mengocok telur busuk maka akan terdengar suara dari dalam telur.

5. Mengetes aroma telur
Bunda mencungkil sedikit cangkang telur yang akan digunakan. Apabila tercium bau yang menyengat, maka kemungkinan telur sudah membusuk.

6. Pecahkan telur dan lihat warna dan tekstur putih telur
Cara terakhir yang bisa Bunda lakukan yaitu memecahkan cangkang telurnya. Telur yang masih segar akan memiliki warna dan tekstur yang masih bagus.

Telur yang bertekstur agak cair namun tidak menunjukkan perubahan warna dan aroma masih bisa dikonsumsi tapi sudah tidak dalam keadaan segar.

Sedangkan telur busuk akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Aroma busuk juga sangat kuat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *