Ibu dan Anak

Bicara Dengan Bayi Itu Mengasyikkan

DOTLARE – Sebagai orang tua, kita tentunya sering sekali bicara dengan bayi kita. Walaupun bayi kita belum bisa bicara, tapi mengobrol dengan bayi itu rasanya mengasyikkan. Di usia 3-4 bulan, bayi akan mempelajari berbicara kalau diajak berbicara, diam bila kamu sedang bicara, dan memberi respon bila kamu diam.

Saat mengganti popok, kita mengajak ngobrol bayi. Saat menyuapi makanan, sambil mengajak ngobrol bayi. Saat waktu luang, kita bermain cilukba atau ngobrol dengan bayi kita. Kegiatan ngobrol dengan bayi tersebut bukan hanya mengasyikkan tapi ternyata juga penting loh untuk perkembangan bayi.

Ngobrol atau bicara dengan bayi bisa mendukung perkembangan otak bayi karena ia menangkap suara, tinggi rendah nada, dan juga bahasa. Karena itulah, peran orang tua dalam mengajak ngobrol bayi sangat penting. Bayi yang orang tuanya sering mengajak ngobrol cenderung tumbuh dengan kemampuan berbahasa dan bercakap-cakap yang baik daripada bayi yang jarang diajak ngobrol.

Untuk mengobrol dengan bayi juga tidak perlu pakai teknik khusus yang susah-susah. Bayi pada dasarnya cenderung lebih memerhatikan dan merespons bahasa bayi dibandingkan obrolan normal orang dewasa. Tapi bukan berarti kita harus ngobrol dengan bayi dengan bahasa yang dibikin cadel ya.

Cobalah ngobrol dengan suara dan intonasi yang menarik. Suara dan intonasi yang dibuat-buat saat ngobrol dengan bayi bisa mendukung perkembangan otaknya.

Dengan berkembangnya otak si bayi, otaknya juga membentuk koneksi yang dibutuhkan untuk berpikir, belajar, dan memproses informasi.

Ngobrol dengan bayi juga menstimulasi koneksi penting pada bagian otak yang mengatur kemampuan berbahasa. Lebih banyak kata yang ia dengar, lebih kuat koneksi mental yang si bayi dapatkan. Proses tersebut akan menguatkan kemampuan bahasa si bayi di masa depan. Jadi, mulai sekarang sering-seringlah mengajak ngobrol bayi kita ya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *