Mengolah Jantung Pisang
Resep

Mengolah Jantung Pisang Jadi Tumisan Yang Lezat

DOTLARE — Jantung pisang adalah bagian dari pohon pisang yang letaknya di dekat buah pisang dan bewarna merah. Disebut jantung pisang karena bentuknya yang menyerupai jantung manusia dan berwarna merah marun. Mengolah jantung pisang tidak begitu susah kok.

Karena tidak bisa dikonsumsi langsung, jantung pisang harus diolah dan dibumbui terlebih dahulu, agar bisa menjadi hidangan yang lezat.

Tau gak bun, jantung pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi lho, diantaranya: Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Nah, berikut ini adalah cara dalam mengolah jantung pisang, simak yaa bun!

1. Pilih jantung pisang
Pilihlah jantung pisang dari jenis pisang kepok dan pisang klutuk. Karena hanya jantung pisang jenis inilah yang rasanya nyus untuk dijadikan tumisan.

2. Buang kelopak luar yang tua
Buanglah bagian kelopak terluarnya, kupas hingga jantung pisang berwarna putih kecoklatan agar hasil tumisan tidak alot dan sepat.

3. Rebus jantung pisang hingga empuk
Rebus terlebih dahulu agar jantung pisang menjadi empuk, tambahkan sedikit garam saat direbus agar getah dari jantung pisang dapat dihilangkan.

4. Peras
Rasa alami jantung pisang sedikit pahit dan sepat, maka dari itu, setelah direbus bunda bisa mendiamkannya sebentar hingga dingin, kemudian peras airnya hingga rasa sepatnya menghilang.

5. Iris-iris kecil
Setelah diperas, potonglah jantung pisang tipis-tipis agar lebih mudah untuk ditumis.

6. Olah menjadi tumisan
Setelah semua tahapan di atas selesai dilakukan, jantung pisang siap untuk ditumis. Gunakan bumbu-bumbu tumisan seperti bawang putih, bawang merah dan cabai untuk mempersedap aroma dan rasa.

Nah, sudah tahu kan cara untuk mengolah jantung pisang? Apabila cara-cara diatas dilakukan dengan benar, pasti jantung pisang bisa menjadi sebuah masakan tumisan yang sangat lezat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *